Subscribe to
Posts
Comments

Galery

Santigi - Pemphis acidula-cascade-1Some of the bonsai in my garden.
Tamarindus indica

Tamarindus Indica 110 cm.

The tree was growing wild in nature and transplanted into a pot in 1984. Recently it was awarded as the first runner up in The world Bonsai Contest 2006

asam-sarap-sabinea-sp-50-cm.jpg

Sabinea Sp – 50 cm

Awild plant orinated from Indonesia. It was planted in a pot in 1998.

beringin-karet-ficus-retusa-75-cm.jpg

Beringin karet (Ficus retusa) -75 cm

Indonesian local ficus. It is still in the retusa family, though.

A very old plant that trained into a natural ficus shape with the aerial root.

brazilian-rain-tree-pithecellobium-tortum-50-cm.jpg

Brazilian rain tree (Pithecellobium tortum.

This tree is from a cutting getting from a bonsai friend from India. It was taken care for about 9 years in the pot. The shape is inspired by the shape of Tropical rain tree or Sabinea saman that grow wild in many places in Indonesia.

bunut-ficus-glauca-87-cm.jpg

Ficus glauca, an other local ficus of Indonesia. This type of ficus is similar to Ficus virens from Thailand.

cemara-udang-casuarina-equisetifolia-115-cm.jpg

Cemara Udang (Casuarina equisetifolia) – 115 cm

Formerly grew in the wild in Lombang, Madura island in East Java, Indonesia. It was taken in 1985

jeruk-kingkit-triphasia-trifolia-25-cm.jpg

Triphasia trifolia – 23 cm

This tree is called Lime berry. It is beautiful as it bears fruits in the pot. Locally it is called Jeruk Kingkit.

jeruk-kingkit-triphasia-trifolia-63-cm.jpg

An other Triphasia trifolia – 63 cm designed with the inspiration of a natural tree. This tree is already very old from the wild. It could be over 100 years old.

kimeng-ficus-microcarpa-60-cm.jpgFicus microcarpa – 60 cm

This was from a material brought from Taiwan to Indonesia in 1992. In Taiwan it is called King Men Ficus.

pilang-acacia-leucophloea-90-cm.jpg

Acacia leucophloea – 90 cm

This tree was from the wild. It was taken in 1985 from East Java.

saing-simbur-desmodium-sp-60-cm.jpg

Blue bell or Desmodium Sp

This tree was taken from Lombok Island in the east of Bali. So far this plants only found in Indonesia and Philippines.

santigi-pemphis-acidula-40-cm.jpg

Santigi or Pemphis acidula – 40 cm

It was taken from the sea side in Tangerang, West Java in 1996.

santigi-pemphis-acidula-50-cm.jpg

An other pemphis acidula – 50 cm

This pemphis was taken from the wild in Sulawesi or Celebes. I took it from a nursery in 2000 and shaped it into this style

beringin-ficus-benjamina-50-cm.jpg

Ficus benjamina.


Growing from seed some 30 years ago It is one of my early stage bonsai. I got it near my campus when it was very small.
siantho-eugenia-uniflora-68-cm.jpg

Pitanga or Eugenia uniflora

kaliage-streblus-taxoides-52-cm.jpg

Streblus taxoides

Actinophora fragrance

Actinophora fragrance

162 Responses to “Galery”

  1. on 23 Jan 2007 at 2:33 pmPeter Evans

    Lovely trees. Could you please link them to larger images. I have noticed that you share the Ficus retusa family with the U.S.A. people. Do you think they wuld survive in the U.K. zone 9 ?. Regards, Peter.

  2. on 20 Mar 2007 at 9:01 pmShaukat Islam

    I have been an admirer of yours for long, and your work gives me so much pleasure and inspiration. My favourites from this gallery are:
    Pemphis (last picture)
    Indonesian local ficus
    Brazilillian rain tree
    Ficus microcarpa and
    Triphasia (63 cm)

    Pls keep updating this gallery with newer photos. You may even add certain case studies starting from the beginning to the final shape/bonsai, which can be a form of tutorial for the learners. Just a suggestion……..

    Do you have any bonsai of Strebulus asper? Would be worth including in this gallery if you may have some. Such a beautiful species but not seen very often as a bonsai.

    Regards,

    Shaukat
    Dhaka, Bangladesh

  3. on 24 Apr 2007 at 1:39 amBudi Sulistyo

    Thanks Peter. I have changed them to bigger pictures for you to observe.

    Shaukat: Thanks for your support. I will keep on updating the gallery.

    Budi

  4. on 24 Apr 2007 at 11:04 amBudi Sulistyo

    Hi Peter,

    Indonesian local ficus will survive in UK. But during winter or cold time you have to keep it indor

    Budi

  5. on 07 Dec 2007 at 10:35 pmhermawan

    saya ingin sekali mendapatkan informasi tentang wrightia religiosa.

  6. on 27 Jan 2008 at 4:55 amWa

    Salam sahjetra Pak Budi..

    Saya Wa dari Malaysia..saya ingin tahu apakan nama bahan yang disapu pada teras pokok bonsai bagi menjadikan sesetengah bahagian pada batang pokok kelihatan seperti berwarna putih ?

    Salam Wa,
    Bahan tersebut adalah lime sulfur atau kapur dan belerang yang dicampur dengan air dan direbus. Bahan tersebut berfubgsi sebagai fungisida.
    Budi

  7. on 27 Jan 2008 at 7:26 pmWa

    Terima kasih Pak Budi (Seniman Agong Bonsai yang saya kagumi) kerana sudi jawab soalan saya tentang bahan lime sulfur.

    Saya nak tanya beberapa soalan lagi:

    1. Bahan Lime Sulfur yang telah siap diproses, ada tak
    dijual dipasaran Indonesia ? jika ada berapa anggaran
    harga nya ?

    2. Apa yang dimaksudkan dengan Fungisida ?

    3. Setiap pokok yang ingin dijadikan bonsai, selepas
    dikorek adakah perlu terus dimasukkan ke dalam pot
    bonsai atau perlu ditanam dalam pot yang lain dahulu?

    4. Ada tak Pak Budi menulis buku-buku tentang bonsai dan
    jika ada bagaimana boleh saya membelinya?

    5. Apakah jenis tanah yang paling sesuai digunakan bagi
    tanaman bonsai?

  8. on 15 Mar 2008 at 11:31 amidrus haruna

    salam sejahtera pak, budi,…
    saya pendatang baru di dunia bonsai, koleksi yang ada cukup lumayan di nurseri saya kurang lebih 150 pohon bakalan bonsai yang terdiri dari berbagai macam spesis yakni santigi, asam jawa, beringin, dan ( sarimbu spesis yang hanya tumbuh di pengunungan palu ).
    pengetahuan dibidang membonsai saya masih sedikit untuk itu
    kiranya berklenan Pak Budi, tolong jika ada buku – buku panduan yang bisa kami jadikan referensi / petunjuk untuk pemeliharaan bonsai baik masa tranning maupun lanjutan sehingga mencapai bonsai yang sebenarnya.
    a. berapa harga sebuah buku bonsai
    b. alat jin

    demikian Pak Budi, atas bantuan bapak diucapkan terima kasih

    kontak person ;

    IDRUS HARUNA,
    Jl. Tj. Manimbaya Lr. Tj. Angin No. 214 B
    Pos – 94113 Palu – Sulawesi Tengah
    Telp. 0451 – 425061 – HP. 081341431355 / 085656474224

  9. on 07 Apr 2008 at 10:36 amJoko

    Bagaimana kalau bapak ajarkan teknik membentuk bonsai, teknik membentuk bonsai yang berbahasa indonesia minim sekali

  10. on 25 Apr 2008 at 4:34 pmariel bastro

    This is the first time i have seen your bonsai its great!!! well i hope you can help me to create a display in my town malolos bulacan, philippines.

    My best wishes and its an honor to meet you.

    Ariel C. Bastro
    Malolos City Bonsai Association
    BULACAN, PHILIPPINES

    It would be great if some day I could come to your city. I have been invited to Manila for three times for bonsai.
    Where is Malolos City, Bulacan?

  11. on 05 May 2008 at 4:09 pmPriya

    Halo pak. budi….saya Priya dari milis bonsai indonesia.saya br dapet bahan nih pak.bahan pertama saya yaitu asem jawa,santigi,sama hokiantea,
    yang mau saya tanyakan bagaimana cara memperbesar batang bawah,apakah nnti membesar seiiring usia,atau ada teknik2 tertentu?
    untuk asam jawa umur brp pohonnya bisa bereproduksi dan menghasilkan buah?thank’s

  12. on 29 May 2008 at 10:06 amimam akbar

    Koleksi Anda bagus2 apa Anda memiliki Bahan2tanaman yang baik untuk di bonsai.
    Jika ada brapa harganya dan jenis apa aja
    sukses slalu bonsai indonesi

  13. on 10 Jun 2008 at 10:40 pmpulung ok

    1.pak budi selaku penasehat PPBI kalau boleh usul bagai mana kalau un tuk kontes di jadwal tetap untuk tingkat nasional ,regional dan kabupaten.karena ada atau tidaknya kontes tergantung pada bisa dan tidaknya PPBI setempat mengadakan karena untuk di daerah terkendala biaya.
    2.Kalau kepengurusan pusat di pilih dari daerah berdasarkan pilihan (kayak pilpres hehehe) gimana ya ?repot kali karena gak ada gaji dan korupsi.gimana kalau presiden dari orang bonsai biar gak ada korupsi dan PPBI maju pesat
    3.berapa biaya untuk mendirikan PPBI dan mendatangkan pengurus pusat kedaerah ?biar pada paham yang daerahnya belum ada PPBI

  14. on 28 Jun 2008 at 1:30 pmganja

    its a great gallery, thanx for sharing your beautiful bonsai

  15. on 28 Jun 2008 at 1:32 pmganja

    great gallery!!! thanks for sharing your beautiful bonsai

  16. on 02 Jul 2008 at 2:31 pmmubid

    great ……… great

    Walaupun saya baru ……….. saya akan ikutu this blog ………..
    Tahniah …….

    Muhamad
    Malaysia

  17. on 15 Sep 2008 at 1:16 amnyoman dolphin

    Ikuti dan saksikan pameran kontes bonsai di pantai kuta bali tgl 16 s/d 25 oktober 2008,dalam rangka memeriahkan Kuta Karnival ke-6 dengan tema”Kuta Karnival Bonsai Kontes”08,hub panitia 081337442129,terima kasih

  18. on 24 Sep 2008 at 9:15 amIbnurasid

    Hai Pak Budi,
    Saya dari Malaysia amat tertarik dengan bonsai yang dihasilkan oleh Pak Budi. Saya ingin bertanyakan tentang teknik ” Foliage -balls” (cluster) bagi pokok casuarina. Bagaimanakah teknik ini dilakukan.
    TQ

    Ibnurasid
    Malaysia

    Saya tidak tahu yang anda maksud dengan Foliage balls. Apakah yang dimaksud percabangan yang membentuk kelompok kelompok?
    Budi

  19. on 31 Oct 2008 at 1:52 pmsutopo yuwono

    Pak Budi yg saya kagumi. saya pemula dari sumbawa barat menyampaikan salam dari temen2 penggemar. kapan pak Budi berkunjung? mengingat di daerah kami banyak bakalan dan kami ingin menimba ilmu bonsai dari masternya. ………..kami tunggu , makasih.

    Saya memeng ingin sekali suatu waktu ke Sumbawa.
    Budi

  20. on 24 Nov 2008 at 10:30 pmJeffrey

    Dear Pak Budi,

    I am a new bonsai ethusiast, knew this everlasting art a couple years ago. Frankly, yours are conventional, but those of Roberts’ are contemporer. Some masters of bonsai said these two types of bonsai needed to be seperated in bonsai contests. Some said there is no such terms in bonsai. what do you think? BTW, there is a Madya National contest coming up in our home town this coming January entitled Sriwijaya Bonsai Extravaganza Expo 09. Please do come. GBU.

    Hi Jeffrey,
    I would rather say that my bonsai are natural or you also can say classical. Roberts tries to develop something else. You may call it contemporer. About judging, it is up to the judge’s perception.
    Budi

  21. on 05 Mar 2009 at 9:46 amMASRIZAL

    MAT BERKARYA PAK BUDI SAYA PENDATANG BARU DI DUNIA BOSANI TAPI INGIN MENERJUNI HOBI DI DUNIA BONSAI TAPI SAYA MASIH KURANG DARI SEGI TREND BONSAI SEKARANG ? JADI PERTANYAANYA ADALAH ? DIMANA BISA MENDAPATKAN PERALATAN BOSAI BERUPA GUNTING DAN LAIN-LAIN YANG MERUPAKAN PERALATAN BONSAI ? TRIMS BRAFO BONSAI …..!

  22. on 16 Mar 2009 at 10:48 amANDRE

    Pak Budi,
    Mohon saran untuk pruning pohon kingkit saya.
    Bentuk pohon saya :

    http://i694.photobucket.com/albums/vv305/CAUDEXMANIA/DSC00257.jpg

    http://i694.photobucket.com/albums/vv305/CAUDEXMANIA/DSC00256.jpg

    Saya tunggu sarannya. terima kasih.

  23. on 17 Mar 2009 at 10:47 pmady

    pak budi,saya pemula di dunia bonsai setelah saya melihat koleksi bonsai pak budi ketertarikan saya untuk mempunyai koleksi bonsai semakin kuat.pak budi saya juga sudah mempunyai salah satu buku dari pak budi “galeri bonsai” ,pada buku bapak pada halaman belakang sudah ada tahap-tahap repotting.bagi pemula seperti saya,saya mau tanya apakah ada buku dari bapak tentang trik-trik membentuk bonsai yang baik/mengetahui karakter bonsai dari bakalan.

  24. on 23 Mar 2009 at 11:30 pmBudi Sulistyo

    Pak Ady,
    Kan ada buku saya dari kanisius mngenai pembentukan. Harap anda cari di toko buku. Gramedia umumnya ada.
    Budi

  25. on 23 Mar 2009 at 11:31 pmBudi Sulistyo

    Saya tidak bisa membuka attachment anda yang ke dua. Nampaknya bahan anda cukup baik.

  26. on 02 Apr 2009 at 5:11 pmaria

    Pak, bwt pengawatan itu berapa lama baru boleh dilepas.
    Kemarin saya baru ngelepas kawat di pohon Kemuning yang udah 1 taun lebih terpasang. Tahunya balik lagi tuh batang.

  27. on 03 Apr 2009 at 2:27 pmDadang

    Sampurasun…
    Koleksi bonsai anda luar biasa !
    Saya sangat terinspirasi karenanya.
    Selamat ….

  28. on 07 Apr 2009 at 7:55 amRahim

    Salam buat tuan Budi,

    Saya sangat kagum melihat hasil kerja bonsai tuan. Saya juga ada bonsai dari spesis Kemuning dan marple, problemnya ialah daunnya sentiasa besar tak pernah dpt daun yg kecil atau halus. Boleh kiranya tuan Budi menurunkan sedikit tips untuk panduan saya bagaimana harus lakukan agar semua daun sentiasa kecil.

    Terima kasih.

    Daun akan mengecil bilamana ranting bertambah. Usahakan agar prcabangan dan perantingan makin banyak. Pasti daun akan mengecil sendiri

  29. on 27 Apr 2009 at 11:56 amRobby

    Pak Budi kapan dong dijakarta diadakan pameran khusus bonsai.

  30. on 01 May 2009 at 7:22 pmKomang Tese

    Pak Budi,

    Bagaimana cara memindahkan bonsai asam jawa dari alam liar ke pot biar tidak mati? Sy telah coba berkali2 tetapi belum berhasil. Sy sgt mgharapkan saran & tanggapan dr bapak.

    Salam,
    Komang.

  31. on 03 May 2009 at 2:32 pmBudi Sulistyo

    Asam Jawa di alam umumnya memiliki akar tunggang yang dalam dengan akar serabut di ujungnya. Coba dilakukan pencangkokan di pangkal batang agar akar serabut tumbuh di situ. Setelah tumbuh baik, baru dilakukan penggalian. Akar tunggang bila terpotongpun tidak masalah.

    Budi

  32. on 03 May 2009 at 2:48 pmBudi Sulistyo

    Tg 5 – 7 Juni 2009 ada kontes bonsai regional di Istana Alam, jl Raya Cinangka 168, Sawangan, Depok
    Tgj 7 Juni pameran bonsaI dan suiseki dibuka untuk umum. Ada juga demo bonsai.

    Budi

  33. on 07 May 2009 at 9:47 pmBudi Sulistyo

    Coba dicangkok di pangkalnya pak. Agar akar kar rakbut tumbuh di situ, baru dilakukan pemindahan.

  34. on 12 May 2009 at 10:18 pmferry

    Dear Pak Budi,

    untuk kontes bonsai nya juga mengikutkan kontes suiseki pak?
    ada persyaratan untuk menjadi peserta pak ?

    salam,
    ferry

  35. on 24 May 2009 at 9:24 amjuan daniel zamora cubas

    Una coleccion envidiable, se nota la maestria alcanzada, muchas felicitaciones, siga iluminando el camino de este bello arte.

  36. on 07 Jun 2009 at 8:57 amagus rozali

    gak ada niat bikin buku gallery bonsai jilid 2 pak budi? klo ada saya daftar dluan nih…

  37. on 09 Jun 2009 at 12:19 pmtomas

    sy nak tanya,medi tanah ap yg baik untuk bonsai….

    d mana saya bisa mncari bhan bonsai yg baik….
    haturnuhun……

  38. on 12 Jun 2009 at 1:15 amfay

    salam hormat saya atas karya masterpiece yang telah anda suguhkan, saya baru 5 bulan terakhir senang ” mengurus” bahan bonsai dari seed maupun hasil pertumbuhan di bbrp nursery ataupun di alam liar. setidaknya sedikit menyumbang kontribusi oksigen terhadap bumi, sebagian besar adalah hasil stek batang seperti tamarindus indica, mirten, asam belanda, cendrawasih, buxus, carmona mycrophilia, siung simbur, carrissa, dan seribu bintang. ada banyak hal yang belum bisa saya atasi yaitu bagaimana caranya memperbesar pertumbuhan bonsai langsung di pot bonsai. kandungan hara, nutrisi apa saja yang paling cocok digunakan. terimakasih. kami tunggu maha karya lainnya.

    Di pot umumnya untuk memperbesar ranting ranting dan cabang kecil

  39. on 02 Jul 2009 at 12:36 pmahmad

    Pak budi

    saya mau tanya, umumnya hormon penumbuh akar itu dijual di toko apa,apakah nurseri,toko alat pertanian,atau di toko kimia……?

    salam hormat.

  40. on 05 Jul 2009 at 10:53 amAchmad

    Pak budi

    Umumnya dibuku anda yang saya baca, jika kita ingin mencangkok,menyetek, mempercepat pemulihan pohon bakal bonsai atau menghasilkan perakaran yang kuat pohon bonsai, sering menggunakan hormon penumbuh akar sebagai perangsang pertumbuhan akar.Nah, saya mau tanya, umumnya hormon penumbuh akar itu dijual dimana, apakah di nurseri, toko kimia,atau toko alat2 prtanian.

    terimakasih,salam hormat
    Achmad

    Di toko pertanian umumnya ada

  41. on 30 Jul 2009 at 6:37 amsutanto

    pak Budi,saya hobiis bonsai pemula,bikin group binsai indonesia dong di face book,biar banyak peminat,trims

  42. on 30 Jul 2009 at 11:38 pmBudi Sulistyo

    ya nanti saya coba

  43. on 11 Aug 2009 at 9:45 ammunawar

    Salam Bonsai Pak Budi, saya munawar pembonsai pemula dari aceh, saya ada beberapa bakalan yang besar-besar pangkalnya ,sedangkan percabangannya masih kecil,bagaimana untuk mempercepat besar cabangannya, dan bagaimana tehnik pemahatan pohon induk agar nampak eksotik.

    Untuk memperbesar cabang sebaiknya ditanam di pot besar dulu. Usahakan agar cabang yg bawah tidak dipotong sehingga cepat membesar. Yang atas selalu dipotongi.
    Untuk pemahatan sebaiknya dibuat seperti kropok yg di alam.
    Budi

  44. on 07 Oct 2009 at 11:42 amcyk gun

    pak budi saya penggemar baru bonsai. bagaimana cara membuat jeruk kingkit kecil(mame) bisa berbuah. dan bisakah cangkokan tanaman langsung ada akar yang bagus/kompak
    makasi pak

    Kalau dikasi NPK ya berbuah, gampang kok. Tapi terlalu banyak buah buat kingkit berbahaya lho. Kingkit dari cangkok lama ya. mending dari biji
    Budi

  45. on 23 Oct 2009 at 10:01 pmwahyu

    Salam Pak Budi,

    saya wahyu masih agak awam, kalau boleh saya nanya. kemarin saya ditawari bakalan jeruk Kingkit bonggolnya sebesar gengaman orang dewasa, tinggi +/- 40 cm, akar ada 4, tapi ranting besarnya belum imbang dengan batang utama. Ditawarkan 1,5 jt. Apakah harga segitu sudah pantas Pak? Terima kasih.

  46. on 18 Nov 2009 at 9:48 pmBudi Sulistyo

    Pak Wahyu,

    Harga sangat relatif pak. Kalu memang bagus ya boleh seharga itu. Tapi kalu tidak ya kemahalan.

    Budi

  47. on 01 Dec 2009 at 8:09 amcyk gun

    bagi-bagi ilmunya dong pak. Pak Budi Saya Bingung tentang kriteria yang benar bonsai literati/bunjin. kalo bisa bikin e-book tentang itu dong di website bapak. dan ada contoh bonsainya. terima kasih banyak.

  48. on 01 Dec 2009 at 9:38 pmBudi Sulistyo

    ya pak nanti saya tulis

    budi

  49. on 11 Dec 2009 at 10:12 pmsugianto

    salam kenal semua.
    saya sugianto dari medan. mau mencoba menawarin bahan bonsai dari alam (sudah ditanam dalam ember besar.
    jenis pohon jeruk kelingkit, kemuning, anting putri, hokein tea
    jika berminta silakan hubungi saya no. 08566567662, 08192166889, 06169638899. dan email saya sugianto.82.tan@gmail.com.
    terima kasih atas perhatian dari anda semua.
    salam sejahterah. dan hidup ppbi

  50. on 12 Dec 2009 at 9:49 pmna z

    saya ada satu pokok cemara udang, masaalah saya kenapa tunasnya layu setelah keluar. pokok itu baru 2 bulan saya gali.harap pak dapat jawab soalan saya

  51. on 14 Dec 2009 at 9:32 pmBudi Sulistyo

    Mungkin akar pohon tersebut belum kuat benar. Media tanam harus baik dg bahan dasar pasir dan drainasi harus baik. Bila masih baru, sebaiknya ditaruh tempat teduh dan ditutup dg kantong plastik untuk menghindari penguapan.

  52. on 24 Dec 2009 at 12:10 pmkusiyono

    salam kenal pak budi, saya br blajar bonsai sktr 1th yg lalu.. Koleksi sy sktr 100an dr brbgai jnis, sbgian bsr msh bakaln. Dlm hal ini mau tanya ttg perlakuan bakalan gulo gumantung, apakh ada prlakuan khusus (media, sinar mthri, dll) ? Krn bakalan yg br ndögkel sgt sdkt yg jd, kalopun jd prkmbgnnya lmbt&kalo disimpan dtmpt yg panas daunnya layu.. Trs bgmn prospeknya? Apkh bs mngalahkn jenis2 cemara udg, sentigi pusu, hokiantea ato asam jawa yg sdh langgann juara kontes.. Tksh

  53. on 25 Dec 2009 at 3:20 pmBudi Sulistyo

    Gulo mantung sebenarnya tidak memerlukan treatment khusus. Media tanam campuran pasir humus dan tanah gunung. Suka sinar matahari. Pada tahap awal sebaiknya di tempat setengah teduh.

    Budi

  54. on 19 Apr 2010 at 10:01 amadam bonsai

    saya adam dr malaysia. sya ingin tnya bagaimana nk menghalang kulat-kulat yang melekat di batang pokok bongsai..
    Adakah ubat untuk menanggalkan kulat-kulat di batang pokok bongsai..
    klau ada, apakah nama ubat itu dan dalan bentuk apa??
    sempuran atau sapuan..
    smoga pak budi dpt merangkan tentng masalah ini..
    apakah jenis tanah yng sesuai untuk tamanan bonsai bagi dalam pasu dan adakahj tanah-tanah itu berbeza mengikut jenis kayu..
    atas penyelasan pak budi,sya ucapkn ribuan terima kasih..

    adam dr malysia ingin tahu..

  55. on 28 Apr 2010 at 10:35 pmBudi Sulistyo

    Pak Adam,

    Mungkin yang anda maksud dengan kulat itu adalah kutu kutu yang melekat di batang. Kutu kutu tertentu memang melekat dengan keras, sehingga perlu disikat sampai lepas dan diolesi dengan insektisida seperti drusban atau dencis.
    Media tanam dalam pasu atau pot memang berbeda untuk beberapa jenis tanaman. Tanaman pantai seperti santigi dan cemara udang menyukai yang banyak berpasir (sekitar 70% dan 30% humus). Sementara untuk tanaman gunung sebaiknya dengan lebih banyak humus atau top soil dan pasir halus yang sudah lapuk.

  56. on 04 May 2010 at 6:22 pmROMI FIRMAN

    apa kabar pak budi, saya ingi menanyakan giamana cara memindahakan kemuning dari alam liar ke pot?apakah termasuk tanaman rentan kematian?

  57. on 12 May 2010 at 7:01 pmadam bonsai

    Salam Pak Budi,

    saya baru berkecimpung dalam dunia seni bonsai.
    Jadi, disini saya ingin memohon jasa baik Pak Budi berkongsi pendapat,tips2 dan sebagainya mengenai seni bonsai..

    Saya juga telah meng”upload” sebahagian gambar2 bonsai koleksi saya di http://www.adambonsai.blogspot.com

    diharapkan Pak Budi sudi melawat dan berkongsi ilmu Pak Budi kepada saya..

    terima kasih..

    adam dari malaysia….

  58. on 14 May 2010 at 9:47 ammuchansori

    Yth Pak Budi
    .
    Saya punya bonsai asam jawa menurut saya cukup bagus (hampir mirip gambar bonsai Bapak diatas), namun kelemahannya akar hanya sebelah sehingga tidak seimbang.
    pertanyaan saya :
    1. Dapatkan akan ditumbuhkan dibagian pangkal yang akarnya kosong, mungkin dibantu dengan zat perangsang akar?
    2. Bagaimana cara mempercepat agar asam saya cepat berbunga/ berbuah, karena pohonnya sudah seukuran paha tua kelihatanya dari kulitnya hitam kelam dan keras sekali.
    .
    terima kasih atas jawabannya

  59. on 19 May 2010 at 9:06 pmBudi Sulistyo

    Pak Much Ansori,

    1.Akar bisa ditumbuhkan dg melukai memberi root hormon dan ditutup dg humus. Setelah akar tumbuh bisa dipanjangkan dg metode memakai pipa yang dijulurkan ke bawah seperti pada cemara udang. Bisa pula dengan okulasi akar, dengan memakai sebuah pohon kecil sebagai bahan yang akan diokulasi.
    2. Asam akan berbuah bila telah cukup tua dan akar sudah memenuhi seluruh pot. Jadi jangan lakukan penggantian media tanam sampai beberapa tahun. Setelah itu beri pemupukan untuk bunga.
    Budi

  60. on 26 May 2010 at 9:47 pmbambang

    selamat malam pa Budi .face book pakai nama apa pak?//

  61. on 07 Jun 2010 at 10:20 pmBudi Sulistyo

    Coba cari di email saya budisulistyo22@yahoo.com

  62. on 18 Jun 2010 at 8:28 pmarif

    salam pak.
    saya punya bonsai mustam,batang sih udah sebesar paha. pak.
    pertanyaan saya :
    1. cabang baru sebesar rokok,udah saya liarin supaya batang bisa besar tapi sampai satu tahun,batang kok tetep aja ya pak
    2. terus gimana cara memperbanyak ranting,sebab setiap cabang saya potong tunas yg nonggl cuma satu kadang malah nggak nonggol tunas sama sekali.
    3. memang benar pak ada mustam yg berbuah dan tidak

    terima kasih atas jawabanya pak

  63. on 18 Jun 2010 at 8:34 pmarif

    maaf,pak maksud pertanyaan no 1 besar cabangya yg tetap

  64. on 03 Jul 2010 at 4:36 pmBudi Sulistyo

    Pak Arif,

    Kalau mau besarin cabang sebaiknya ditanam di pot besar dulu. Can
    bang yang mau dibesarin jangan dipotong. Setelah besar cukup baru dilatih untuk ranting ranting.
    Salamn,
    Budi

  65. on 26 Sep 2010 at 11:26 amharis arganata

    yth,….om budi

    saya tinggal d binjai sumatra utara ……
    saya mau bertanya om…..
    kalau bonsai santigi itu nama umumnya apa om……
    saya sudah cari di seluruh kota saya ..yang namanya santigi tidak ada yang tau om…..
    saya membonsai mulai dari kelas 2 smp baru,…kelas 3 smplah saya mencari santigi itu………..

  66. on 16 Oct 2010 at 5:02 pmBudi Sulistyo

    Itu tanaman pantai. Karena tanaman liar umumnya orang tak tahu namanya

  67. on 19 Oct 2010 at 5:02 pmadit

    Pak saya butuh tools untuk bonsai tapi bukan buatan china, asli jepang dmn saya bisa dapat
    Trim

  68. on 25 Oct 2010 at 10:05 pmmohd afandy

    akum pak budi saya dari malaysia ingin bertanya beberapa soalan:

    1. Dimanakah buku-buku bonsai keluaran pak budi boleh didapati?

    2. Apakah jenis-jenis pokok bonsai yang mudah didapati di pasaran

  69. on 06 Nov 2010 at 2:24 pmBudi Sulistyo

    Encik Mohd Afandy

    Di Malaysia saya menjual buku lewat IS Ng di KL. Email dia di NG IS ;
    Banyak pokok bonsai di pasaran , ada swee mei, cemara udang, santigi, ficus, diosdan masih banyak lagi.
    Salam,
    Budi

  70. on 16 Nov 2010 at 5:06 amsuprayugi

    kunjungi website kami tuk pemesanan koleksi kami

  71. on 04 Dec 2010 at 3:38 pmBambang

    Pak,saya ingin menjadi aggota forum bonsai,dn sekaligus saya punya bahan jeruk kingkit diameter 12 cm,saya blm bs membntknya.mhn saran bpak. Termaksh

  72. on 05 Dec 2010 at 2:05 pmBudi Sulistyo

    Pak Bambang,

    Yang anda maksud forum bonsai itu yang mana ya? Bentuk jeruk kingkitnya bagus pak?

  73. on 29 Dec 2010 at 12:18 pmrommy muliana

    slm bonsai:sy ingin berbagi pengalaman aja,
    pak budi sy pernah mengambil phn asam dari alam liar sebesar paha org dewasa dgn ketinggian 3mtr tepat nya d daerah karawang loji.lalu sy bawa ke cileungsi pertama yg hrs d perhatikan dahulu yakni pemotongan akar nya,akar serabut d usahakan harus msh ada yg menempel pd tanah. jd tanah dari alam yg menempel pd akar serabut hrus d bw lalu disungkup .alhamdulilah sy slalu berhasil bila mengambil phn asam dari alam liar dan hidup menjadi bonsai

    Memang yang perlu bukan akar besar, tetapi akar serabut.
    Budi

  74. on 19 Jan 2011 at 4:58 amRetno ruslan

    Salam Pak Budi…Saya punya santigi tapi masih di pot lama,rencana saya mau repotting tapi saya belum tau media tanam yang cocok dan saya masih khawatir jangan sampai santiginya mati

    Tanam dalam pasir, dengan kerikil di bagian bawah sehingga drainasi lancar. Jangan pakai tanah.
    Budi

  75. on 20 Jan 2011 at 1:50 amRetno ruslan

    Salam Bonsai Mas Budi…Saya tinggal kota parepare di sul sel gimana caranya mendapatkan kawat dan peralatan kerja untuk bonsai..trims pak sebelumnya

  76. on 20 Jan 2011 at 2:07 pmBudi Sulistyo

    Mbak Retno,

    Kalau di Jakarta banyak tempat untuk membeli. Di beberapa toko alat alat tanaman kawat dan sebagian alat bonsai dijual. Di nursery nursery di Pluit juga ada

  77. on 20 Jan 2011 at 2:18 pmRetno ruslan

    Mas Budi yth…Gimana cara menentukan center view dan style pada sebuah bahan bonsai.soalnya ada beberapa bahan bonsai saya jadi rusak karena gak sesuai dengan bentuk pohonnya..mohon pencerahannya mas…thanks mas budi

  78. on 20 Jan 2011 at 4:56 pmBudi Sulistyo

    Mas Retno,

    Untuk menentukan depan bonsai itu lihat dari akar dan gerakan batang.. Dicari yg perakarannya terbaik. Kemudian lihat arah lekuk likunya. Batang jangan sampai menjauhi kita, tetapi menghadap ke masternya yang punya.

  79. on 07 Feb 2011 at 4:42 pmBTD3

    Thankyou very much

  80. on 09 Feb 2011 at 3:41 amstickman games

    Thankyou very much

  81. on 20 Feb 2011 at 1:31 amHendro

    Salam kenal pak budi, saya pemula dibanjarmasin punya bonsai cemara udang besar tapi cab utama bawah ada yang kering/mlepes. Apakah ada cara untuk menumbuhkan daun lagi? Mohon penjelasannya. Trims

  82. on 20 Feb 2011 at 6:28 amBudi Sulistyo

    Mas Hendro,

    Mlepesnya cabang umumnya karena kerusakan struktur akar di aliran yang ke cabang itu. Jadi yang utama perbaiki media tanam dulu sehingga tumbuh subur. Kalau subur umumnya cemara udang mudah sekali tumbuh tunas baru
    Budi

  83. on 09 Apr 2011 at 4:27 amLeaptaple

    Hi there My name is Leaptaple and I really want to know how how alive this forum is . So, I onlyneed to know : how long should i wait before I’ll get an answer to my questions.
    Thanks

  84. on 09 Apr 2011 at 3:37 pmBudi Sulistyo

    What can I do to help you

  85. on 29 Apr 2011 at 6:59 amretno ruslan

    Salam sejahtera Pak Budi..
    Tolong sarannya gimana caranya agar daun bonsai santigi warnanya bisa lebih cerah(hijau cerah)soalnya santigi saya warna daunnya hijau pucat agar blur.media tanam yg saya pakai pasir kasar + pupuk kandang + kompos

  86. on 29 Apr 2011 at 4:57 pmBudi Sulistyo

    Mas Retno,

    Coba siram dg air garam dan juga fish oil. Di musim panas umumnya daun akan berwarna lebih cerah

  87. on 03 May 2011 at 11:33 amretnoruslan

    Pak Budi yang terhormat…
    apakah boleh saya upload foto bakalan bonsai ke email bapak untuk di buatkan sketsanya…soalnya saya mau belajar sama bapak.

  88. on 04 May 2011 at 5:07 pmBudi Sulistyo

    Silahkan pak Retno

    Budi

  89. on 05 May 2011 at 1:31 pmretnoruslan

    terima kasih pak..
    Semoga bpk selalu sukses dalam berkarya

  90. on 07 May 2011 at 2:04 pmretnoruslan

    Salam Pak Budi…
    kapan sy bisa lihat sket nya pak trims

  91. on 11 May 2011 at 1:49 amretno ruslan

    Salam Sejahtera pak Budi…
    gimana cara yang benar tentang pemakaian fungisida dan kapan fungisida di gunakan pada sebuah bonsai.mohon sarannya pak

  92. on 30 May 2011 at 3:18 pmwatch shows online

    Hello, TS, Thanks for taking the time to debate this, I feel strongly about it and love learning extra on this topic. If attainable, as you acquire expertise, would you thoughts updating your blog with further information? This can be very helpful for me.

  93. on 28 Oct 2011 at 5:24 amsoma

    salam pak budi,

    saya baru dan masih agak awam ttg bonsai,, saya punya masalah mengenai penanaman bakalan, kebanyakan bakalan yg saya tanam mati, saya mau tanya bagaimana cara menanam yg baik, media tanam, apaka ada obat perangsang akar dan apa namanya, mohon petunjuk pak.

    terima kasih

  94. on 15 Nov 2011 at 4:40 pmBudi Sulistyo

    Pohon pohon yang baru diambil atau bakalan umumnya memiliki akar yang sangat sedikit, jadi ditanam di tempat yang lembab dengan media yang disesuaikan dg jenis tanaman. Cemara udang atau santigi akan banyak gagal atau mati bila ditanam dg tanah. Mereka ingin di pasir saja. Tanaman lain umumnya mau campuran. di masa awal sebaiknya tidak diberi pupuk, diberi saja vitamin B agar kuat.

  95. on 11 Dec 2011 at 11:53 amalip onrust

    salam sejahtera pak Budi, saya pehobi bonsai masih taraf belajar mau tanya pak:
    1. bagaimana cara memperbesar batang bonsai?
    2. trik memotong batang yg benar seperti apa, diharapkan agar pd potongan tsb kambium akan menutup kembali pd bekas potongan tsb spt alami?
    3. kalo saya mau beli wire untuk pengawatan, beli dimana pak?
    thanks

  96. on 13 Dec 2011 at 4:56 pmBudi Sulistyo

    Pak Alip,

    1. Untuk memperbesar batang sebaiknya bakalan ditanam di pot besar dulu. agar pertumbuhan cepat. Beberapa cabang yang khusus untuk membesarkan batang jangan dipotong sampai panjang. Setelah batang cukup besar baru cabang tersebut dipotong.
    2. Potongan agar bisa menutup alami sebaiknya agak cekung dan diolesi penutup luka.
    3. Kawat saya sering beli dari Seng Jaya, Malang untuk jumlah banyak. Tetapi sekarang sering sudah ada di toko alat tanaman yg besar di jl Panjang, Jakarta

  97. on 27 Dec 2011 at 5:25 amrobbi taftazani

    Pa Budi..
    Saya mohon informasi tempat/toko yang menjual Pot bonsai yang cukup representative di Jakarta dan di Surabaya.. Trimakasih atas Infonya

    Salam Hangat,
    Robbi Taftazani

  98. on 27 Dec 2011 at 5:13 pmBudi Sulistyo

    Pak Robbi,

    Penjual pot bonsai di Jakarta ada di beberapa tempat antara lain: El Bonsai di Tanjung Palapa, Sentra bonsai pluit ada beberapa tempat dan Istana Alam di Pamulang,
    Di Surabaya saya tak begitu tahu tempat tempat penjualan pot.

  99. on 27 Jan 2012 at 7:28 amEpho

    Salam bonsai pak budi.
    Pak budi saya punya bakalan asam jawa, bisakah asam jawa dibelah batang bawahnya untuk pembetukan akarnya,seperti yg sring dlakukan pada kawita? Jika bisa media apakah yg bagus buat asam jawa setelah dibelah? Mohon pencerahanya pak budi,sebelumnya saya ucapkan trimakasih.

  100. on 29 Jan 2012 at 3:32 pmBudi Sulistyo

    Pak Epho,

    Bisa aja pak. Memang caranya begitu.

    Budi

  101. on 04 Feb 2012 at 5:47 pmArya Purbaya

    Salam Bonsai Mania..
    Om Budi saya dari Lampung, Saya mempunya Bonsai Asem Jawa, saya tanam dari Biji tahun 1994, saya bentuk mulai dari tahun 2005.. Untuk ukuran Bonsai Asam, Bonsai yang saya punya lumayan Unik, saya bentuk dengan gaya Menggantung..
    Pengecilannya lumayan bagus, Cabang dari bawah sampai atas Kerapatannya dan Posisinya sudah mengikuti aturan Bonsai yang saya Baca dari Buku2 karya Om Budi..
    Cabang bawah lebih besar dari yg atas, teratur sampai ke Puncak Mahkota,
    Hal2 yang tidak Boleh dari Bonsai sudah saya ikuti semua..
    Banyak yang kagum dgn Bonsai saya
    Sampai2 ada yang bilang bahwa Bonsai itu hasil mencuri karna tidak percaya kalau saya yang membentuknya..
    Padahal saya Otodidak, dan saya mengikuti dgn benar cara2 yang Om budi tulis di buku, saya berteima kasih atas jasa Pak Budi dalam membagi Ilmu pada kami..
    Bonsai saya tahun Kemarin saya ikutkan dalam Pameran Tahunan PemDa Lampung, saya masukkan dalam salah satu Stand Kabupaten di Lampung.
    Banyak yang menanyakan Harganya, dan ada salah satu Pejabat yang ingin membeli Bonsai Asem saya itu, saya Kasih Harga 3,7 juta.. karna sudah hampir 18 tahun saya pelihara..
    Pejabat itu mau membelinya tapi dengan syarat Dia harus melihat dulu Bonsai saya itu sampai berbuah..
    dan saya sudah diajak kerumahnya dan diberi nmr HP nya bila bonsai Asem saya berbuah maka akan dibayar langsung.
    Yang jadi Masalah, cara untuk membuat Bonsai Asem saya berbuah itu bagaimana Om Budi..
    saya minta tolong di beri Solusinya ya Om..
    Maaf bila Koment saya terlalu Panjang, supaya pak budi dapat mengetahui dan memberi saran lebih baik. maka dari itu saya jabarkan dgn detail..
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  102. on 04 Feb 2012 at 6:21 pmArya Purbaya

    Maaf Om sepertinya gayanya bukan menggantung menggantung, tapi setengah menggantung.. tapi gk tau juga, Batangnya tidur ke kiri Akan Kuat ke arah kanan, cabang pertama sebelah kiri menjuntai kebawah membentuk Air terjun, Batang mulai beerdiri meliuk2 seperti Gaya Tegak berliku, namun bukan tegak berliku karna Batang awal tidur dan cabang pertama Menjuntai sprti air terjun..
    Pada batang ada Bunjin Alaminya Dulu pernah terkupas Kulitnya, dan bekas Potong2an batang sudah jadi Jin, dan saya memprogram Jin dengan cara Klupas kulit selebar 5mm, setelah Kambium membesar, saya kelupas lagi, sampai tiga kali, jadi sudah ada 3 tingkatan, keindahannya melebihi pahatan.. hehehe
    Saya juga mau tanya kalau gabungan Gaya Air terjun dengan Tegak berliku itu.. kita bilang ke Orang Gaya apa ya Om.. hehehe..
    Saya Punya Gambar Bonsainya tapi di FB saya, saya Fhoto dalam masa pembentukan Dulu tahun 2008, sekarang cabang2 sudah lebih besar dan lebih padat tingginya sudah berubah, ranting2 sudah padat..
    Dan Pot nya buatan sendiri bergaya Penjing meniru Buku2 Om.. hehehe Om khan Inspirasi saya..
    Sudah 7 Orang di Lampung yang Pesan ke saya termasuk Pembonsai Senior Lampung, saya memakai semen dengan Adukan 1:1.
    Nanti Foto terbarunya saya kirim ya..
    sementara ini baru ada Foto tahun 2008.

    Tolong di lihat2 ya Om kira2 Gaya seperti ini menyalahi aturan tidak, karna sy tidak tau ini gaya apa.. mohon di lihat ya Om, ini Link nya

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=115878861800227&set=a.115719698482810.23617.100001343418648&type=3&theater

  103. on 04 Feb 2012 at 7:27 pmArya Purbaya

    Waduh Maaf ini Om saya ngacak2 Blog Om..
    saya senang sekali bisa nemuin Blok Om ini,
    Saya sedikit mau Curhat..
    Saya sebenernya sayang sekali sama Bonsai saya ini rasanya walau di bayar 20 juta tapi sepertinya saya berat Mau lepasnya, saya sayang bangt sama dia sampai saya beri nama Naga Berisang, saya takut dia Mati kalu dipelihara Orang.
    Boleh tanya sama Orang tua saya.. saya bisa sampai Jam 3 malam menatap Naga berisang..
    Setiap saya keluar rumah saya selalu khawatir kalau lupa disiram..
    Terus terang Om saya suka bonsai dari umur 4 SD skitar tahun 1992 karna ada tetangga yang pelihara Bonsai dan suka melihat dia sdang membentuk Bonsai,
    Mulai dari itu saya mencari bahan2 Bonsai, tapi masih dgn cara mnyetek Bringin, Kamboja kuburan, menanam buah kingkit, buah Kemuning, nah Bonsai Asem saya ini dari Biji yang saya tanam masih SD Om..
    Saya kan tak tau cara Bonsai, Pokoknya kalau agk besar saya Potong batangnya..
    setelah saya dewasa skitar thun 2005, ternyata Potong2nya malah indah membentuk jin dan seperti liuk2kan.. Pada bagian batang bawah dulu khan pernah terkelupas setengah Kulitnya, eh malah jd Jin..
    dan melihat dari pola alami itulah saya punya pikiran untuk membuat jin, ternyata kalau Asam jangan sampai terpahat, karna kalau terpahat dia pasti lapuk, namun bila terkelupas kulit dia bisa menjadi Fosil.. Tidak tau apakah ada reaksi kimiawi alami, karna ada Jin yang sudah lama sekali seperti menjadi batu kalau saya kerok dengan kuku seperti ada kerak batu berwarna putih.. pokoknya jadi batu beneran Om..
    saya terinspirasi jadi saya membuat Jin dengan cara kelupas kulit, tonjolan kambiumnya sekitar 3 bulan sudah mulai besar, nah say kelupas lagi, sampai membentuk tingkatan sekarang sudah ada 3 tingkatan.. Kalau pahatan seniman sepertinya kalah, hehehe..

    Saya sangat senang dgn Bonsai Asem Om, saya sudah mulai bibit,,,
    Saya sepertinya sejiwa dgn Asem, sampai saya tau bahwa setiap Bulan November saya pastikan Pohon Asem pasti Tunas baru bermunculan tidak seperti Biasanya..
    Dan Tingkat elastisitasnya benar2 gila, mau dibengkokkan dari kanan kita balikin kekiri lagi tidak patah asalkan dibiarin panjang..

    Tahun 2009 sy bekerja di Ciputat,Tang-Sel. saya tidak bisa menghilangkan Hobi saya, saya pergi ke Daerah sawangan Depok saya sering mengunjungi Nurseri Bonsai saya lupa namanya tapi ada kata ALAM nya, apakah itu punya Om..??

    saya jalan2 ke daerah Cinere ada di depan Rumah warga Pohon Asem dengan besar Batang sebesar Paha Orang dewasa, diameternya saya ukur sekitar 55Cm, Tinggi batang sekitar 1 meter, potongannya sekitar 25Cm dari akar, jd sudah ada pengecilan..ditanam di tanah namun akarnya menonjol keatas, nah saya yakin itu bekas di tanam di Pot, saya tanya ke yang Punya ternyata benar, dan saya bayarin yang punya minta harga 500rb, waktu itu say hnya punya uang 300rb, saya minta dia gali dulu nanti kalau sudah hidup sy bayar sisanya, ternyata digali hanya butuh waktu 5 menit, karna akarnya menggumpal bekas ditanam di Drum, kata orangnya sudah 3 kali pindah Pot terakhir di Drum, akar yang ditanah hanya menyebar kesamping, jd mudah di gali.. Cabang2 yang panjang saya potong..
    saya rajin mengunjungi rumah bapak itu selama 3 Bulan Tunas2 baru sudah besar, Prospeknya sangat Bagus..
    Tapi saya keburu di PHK jadi say Pulang keLampung, sisa Uang 200 belum saya bayar..
    Pohon itu masih disana..
    sayang bngt Om, saya pengen kesana lg tp sy bingung nanti mw bawanya bagaimana??
    saya khan tidak punya Mobil, kalau say bawa pake Motor kayaknya berat, beratnya hampir 60kg, sudah itu takutnya di Kapal di tangkap Polisi Pelabuhan, say takut dikarantina..
    Kira2 kalau saya kesana saya tebus lagi, dan saya bawa ketempet Om mw gk..
    saya minta Urus dgn Om, Om khan ahlinya..
    cuma minta pelihara saja Om..
    Kasian dgn Pohon itu Om..
    Siapa tau kalu nanti2nya diurus Om bisa jadi Bonsai Bagus..
    saya sudah senag, walau saya hanya lihat Fotonya, syukur bisa masuk buku Om, hehehe..
    Biarin Bonsai itu di Tempat Om.. yang jelas saya cm kasian aja sama pohon itu..
    Terima kasih telah mendengar Curhat saya, dari saya yang sangat mengagumi dan bangga terhadap Om Budi sebagai Pahlawan Bonsai Indonesia.

  104. on 08 Feb 2012 at 4:03 pmBudi Sulistyo

    Mas Arya,

    Senang sekali membaca tulisan anda. Rasanya saya pingin lihat sendiri asem anda.
    Kalau mau membuahkan asem, harus diberi pupuk buah. Saya sering pakai pupuk goano atau pupuk kelelawar. Pembuahan akan mudah di musim kemarau yang panjang atau bisa juga dengan mengurangi penyiraman. Media tanam harus tidak diganti dulu selama beberapa tahun agar akar penuh di pot. Pupuk goano bisa dicampur dg media tanamnya.
    Saat berbunga jangan sampai kena air hujan agar penyerbukan bisa jadi. Semoga anda berhasil.

    Budi

  105. on 08 Feb 2012 at 7:39 pmArya Purbaya

    Terima kasih Om Budi…
    Akan saya Coba saran Om..
    Sekali lagi terima kasih.

  106. on 09 Feb 2012 at 4:02 pmBudi Sulistyo

    Mas Arya,

    Kalau kegedean nanti udah buakan bonsai lagi. Tapi untuk taman. Pengen sih lihat pohon itu. Anda gak ambil foto ya.

    Salam,
    Budi

  107. on 12 Feb 2012 at 10:08 pmArya Purbaya

    Om Budi..
    Kalau lihat2 gambar Bonsai Asem di Google sih kayaknya gedenya masih wajar Om..
    saya juga banyak melihat Bonsai yang diameternya sekitar 50,55,60 Cm.. itukan cuma pangkalnya aja Om..
    Di Lampung banyak bener Bonsai Santigi yang gede2, yang super gede aja banyak..
    Kalau Bonsai santigi bahannya banyak Om di Lampung, apalagi kali age..
    Tapi sekarang dah gk boleh lagi berburu santigi, takut di tembak Marinir hehehe..
    soalnya 2007 s/d 2009 pemburu Bonsai abis2an berburu santigi, sampe yang gk doyan bonsai jg ikut2 berburu..

    Untuk Asem yang di Cinere itu Saya gk ambil gambarnya Om..
    nanti bulan depan kalu jadi saya ke sana Om,
    mau liat masih ada apa gk..?? semoga masih ada..
    Saya juga mau tanya Pupuk Goano sma kelelawar nyarinya dimana Om??

  108. on 23 Feb 2012 at 9:27 amDonie

    pak budi,dimana saya bisa dapat bibit calon bonsai.khusus santigi dan dewo dharu.terimakasih

  109. on 04 Mar 2012 at 11:16 amBudi Sulistyo

    Anda tinggal di mana? Santigi di Jakarta banyak di Pluit. Dewadaru banyak di Sukabumi atau puncak

  110. on 30 Mar 2012 at 11:30 pmwoyo

    salam santigi
    mau tanya ne pak, saya baru blajaran ttg santigi
    saya cari ke pantai dan ketemu dua pohon santigi sebesar badan saya ada dua, tapi tdk ada yg ukuran sedang, apabila saya potong dan stek di pot, apa bisa tumbuh?
    saya sdh ngambil beberapa batang yg kemudian saya stek ditaruh di pot dg media seperti saran bapak,yaitu 70-30.
    baru satu minggu ini sii di pot, apakah ada saran buat saya?
    terimakasih

  111. on 02 May 2012 at 2:38 pmBudi Sulistyo

    Santigi bisa di stek. Kalau awal sebaiknya pakai pasir saja. Taruh di tempat teduh dan kerudungi dengan plastik jernih untuk mengurangi penguapan.

  112. on 15 May 2012 at 6:08 amYudi YB

    Saya mau tanya pak Budi ? Kenapa sudah tiga minggu pohon cemara udang yang saya baru gali dari tanah dan ditanam dalam pot kok masih stres. Daunnya masih kering, sedangkan pohon tersebut sudah saya siram dengan vit B, dan sudah saya sungkup dengan plastik (baru 8 hari disungkup). tetapi daunnya tetap mengering. mohon penjernihannya pak budi

  113. on 15 May 2012 at 7:28 amBudi Sulistyo

    Pak Yudi,

    Media tanam apa pak? Kalau tanaman cemara udang baiknya pasir saja pak. Batangnya dibungkus dengan moss atau jerami juga baik pak untuk menjaga kelembapan.

    Budi

  114. on 19 May 2012 at 5:58 pmrony

    salam kenal pak budi,
    saya rony dari sragen, jawa tengah,
    saya sudah mengenal bonsai sejak tahun 1990an, karena paman dan beberapa kerabat berburu dialam dan memeliharanya, tetapi saya menjadi benar-benar tertarik dan hobi dimulai tahun 2005, buku-buku bapak terbitan kanisius dan penebar swadaya, telah membuat saya cinta pada bonsai, dan saya menggemari bonsai sampai sekarang, terima kasih pak budi…
    salam sukses, Tuhan memberkati……..

  115. on 22 May 2012 at 2:35 pmBudi Sulistyo

    Bang Rony,

    Salam kenal juga. Syukurlah kalau anda bisa menikmati bonsai kembali setelah sekian lama absen. Semoga di masa depan saya masih bisa menerbitkan buku lagi.

    Salam,
    Budi

  116. on 30 May 2012 at 12:16 amSimamora, BM

    Selamat pagi Pak Budi………..

    Saya sangat senang melihat koleksi Anda. saya tinggal di Bali. Saya punya ribuan bibit bonsai jenis Santigi. Kalau Anda kebetulan ke Bali dan tertarik untuk melihat, silakan hubungi saya. Terimakasih. Hidup bonsai Indonesia.

  117. on 30 May 2012 at 4:45 pmBudi Sulistyo

    Pak Simamora,

    Nanti kalau kebetulan ke Bali saya kontak anda. Thanks.

    Salam,
    Budi

  118. on 05 Jun 2012 at 6:31 amYudi YB

    Pak Budi, saya adalah pemula di dibonsai. Saya mempunyai 2 bonggol pohon serut yang sudah menjadi satu karena proses alami (bukan rekayasa) dengan panjang sekitar 1m, tinggi 90 cm, lebar 60 cm dgn pertumbuhan batang yang bayak. Pas untuk gaya hutan/grouping. Apakah pohon sebesar ini bisa dikatagorikan bonsai pak ?

  119. on 20 Jun 2012 at 2:21 pmAw Subang

    salam kenal pa Budi… sebetul nya ,saya mngenal bonsai dari tahun 1994…karena kesibukan saya ,saya meninggal kan hoby saya dan saya dari mulai thn 2008 s/d sekrang mulai menekuni kembali hoby ini…dan saya buka koleksi bonsai bapa saya terinfirasi … ada sebgian bahan bonsai saya yg mirip dgn koleksi bpa…yg ingin saya tanyakan, apakah ppuk buat bonsai & vit …untuk ,menhilangkan hama daun,perangsang akar,perangsang daun,obat untuk menutup dahan yg di potong…terima kasih pa Budi salam bonsai indonesia

  120. on 20 Jun 2012 at 4:33 pmBudi Sulistyo

    Mas AW,

    Syukur anda demen bonsai lagi. Pupuk ya macam macam, diantaranya adalah dekastar yang bisa dipakai untuk beberapa bulan. Pupuk alam lebih baik seperti kotoran kambing yang sudah matang atau pupuk kelelawar. Hama bisa dihilangkan dg beberapa insektisida. Atonik juga baik dipakai sehingga pohon kuat terutama untuk pembuahan. Penutup luka dipakai lanolin atau ada pasta yang biasa dijual kalau ada pameran bonsai.

    Budi

  121. on 05 Jul 2012 at 4:20 amSUPRIYANTO

    Salam kenal pak Budi,saya Supriyanto dari cirebon.Koleksi bonsainya bagus-bagus memberi inspirasi bagi pemula seperti saya.

  122. on 05 Jul 2012 at 3:43 pmBudi Sulistyo

    Terimakasih Mas Supriyanto. Semoga bonsai makin maju di Cirebon.

    Budi

  123. on 24 Jul 2012 at 2:53 amtanto

    salam pak Budi…kingkit sebagian sering mati ranting…n daun nya kuning..apa penyebabnya..Pak?trims

  124. on 25 Jul 2012 at 6:42 amagus

    Salam kenal pak budi

    saya ingin bertanya bahan untuk bending pembungkus batang dari rafia khusus atau tali rafia yang banyak di jual di toko klontong pak, atau ada altenatif bahan lain pak

    terima kasih atas penjelasannya pak,

    salam dari agus dr batam.

  125. on 06 Aug 2012 at 12:21 pmnirza

    pak

  126. on 06 Aug 2012 at 3:17 pmBudi Sulistyo

    Pak Tanto,

    Kingkit adalah jenis jeruk yang sebenarnya suka akan keadaan yang agak kering. Sering kali kematian ranting karena adanya busuk akar atau tanah terlalu asam sehingga menjadi kuning.

  127. on 06 Aug 2012 at 3:19 pmBudi Sulistyo

    Mas Agus,

    Di luar negeri rafianya bisa menyerap air. Tapi pakai rafia biasa atau karet bekas ban dalam mobil juga bisa. Yang penting membungkus kulit sehingga tidak pecah.

    Budi

  128. on 06 Aug 2012 at 3:21 pmBudi Sulistyo

    Mas Yudi,

    Kalau bagus ya masih bisa digolongkan bonsai dong.

  129. on 13 Aug 2012 at 2:39 amsigit

    salam pak budi smg sll sehat , saya pemula bonsai, sy sdng galau santigi yg sy dpt tdk ada perkembangan sdh 3 bln lbh semenjak sy tanam sementara batang msh basah apa msh bisa diharapkan bs hidup, krn sy terlanjur mencintai bentuk batangnya. Mohon pencerahannya.. Terimakasi

  130. on 14 Aug 2012 at 3:56 amBudi Sulistyo

    Mas Sigit,

    Jawaban sama dengan yang buat pak Alit

    Budi

  131. on 28 Aug 2012 at 6:48 amAgus

    Salam ketemu kembali pak budi,

    terima kasih atas jawaban yang sudah bapak berikan,

    kalo perbandingan campuran untuk belerang dan kapur sebagai lime sulfur bagaimana pak, kami ingin membuat sendiri pak budi …

  132. on 29 Aug 2012 at 7:09 pmAriyanto

    salam pak, saya adalah salah satu pengagum karya bapak, sekalian saya ingin bertanya, saya sudah dua kali kehilangan bahan cemara udang yang mati akibat beberapa kali saya cangkok, karena sayang jika hanya dipotong begitu saja lalu di buang batangnya, tapi malah pohon induknya mati setelah dua atau tiga kali cangkok, apakah memang cemara udang rentan mati ya kalo sering dicangkok, mohon pencerahannya, sukses selalu untuk pak budi

  133. on 05 Sep 2012 at 9:31 amvonny

    Dear Pak Budi,

    saya punya bonsai cemara udang, sebelumnya tumbuh baik2 saja, karena suami saya kecelakaan naik sepeda motor ketabrak dengan truck dan tindgal di rs selama 2 bulan, saya lupa menyiram bonsai sampai 2 minggu an, pada waktu pulang daun nya sudah kering semua, tetap kita rawat disiram 2 kali sehari, kemudian tumbuh tunas tunas baru, tetapi beberapa saat kemudian yang warna hijau sudah menjadi kering semua, menurut anda bonsai saya bisa diselamtkan tidak yah? karena suami saya menganggap bonsai seperti lambang cinta dan keluarga, bonsai dengan akar yang kuat dan kokoh seperti satu keluarga. lah ini khan dia lagi sakit klo pulang ke indo dan liat bonsai nya mati juga tambah sedih. apa ada saran pak ?

  134. on 05 Sep 2012 at 3:01 pmBudi Sulistyo

    Bu Vonny,

    Saya kawatir bonsai ibu sudah mati. Kasihan suami anda. Ya cari aja cemara udang lagi. Banyak sekali kok pohon tersebut di Indonesia.

    Budi

  135. on 05 Sep 2012 at 3:04 pmBudi Sulistyo

    Pak Ariyanto,

    Pohon yang dicangkok harus cukup sehat dan punya daun yang cukup banyak dibanding dengan yang dicangkok. Kalau tidak ya makanan untuk batang utama dan akar kurang sehingga pohon utama mati.

    Budi

  136. on 10 Sep 2012 at 5:48 amary indrakelana

    dear pak budi,

    salam kenal pak budi, saya ary dari semarang. ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada bapak , saya punya bonsai asam londo ukuran besar diameter batang sekitar 40 cm tinggi sekitar 160 cm dan batang tengah punya lubang tembus/ keropos tenggahnya yang cukup besar menanjang agak keatas.
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mempertahankan keroposan tersebut supaya sisa batang kanan kiri masih kokoh ? perlukah saya memberi kapur dan belerang ?
    mohon penjelasannya pak budi

  137. on 10 Sep 2012 at 2:09 pmBudi Sulistyo

    Hi Ary.

    Rasanya kalau ada lubang di bawah, sehingga ir bisa mengalir tidak terhenti di tengah, tidak pefrlu memberi kapur belerang, karewna batang hidup akan melindungi bagian kayu di tengah. Kalau di lubang itu air tergenang, baik dibuat lubang dengan bor untuk mengalirkan genangan air.

    Budi

  138. on 11 Sep 2012 at 2:19 amary indrakelana

    terima kasih atas sarannya pak budi,

    bonsai asam londo diameter batang sekitar 40 cm tinggi sekitar 160 cm kan termasuk ukuran ( large size bonsai ),

    yang ingin saya tanyakan kembali kepada pak budi apakah sisa batang kanan kiri masih bisa cukup kokoh karena keropos ditengah yang cukup lebar sehingga tebal sisa batang kanan kirinya kurang lebih hanya 5 cm saja ?

    apakah semakin lengkap/kompak percabangan dan rantingnya tidak mempengaruhi sisi batang tersebut ?

    mohon penjelasannya pak budi, thanks before

  139. on 04 Oct 2012 at 6:20 pmrido

    dear Pak Budi

    saya domisili d jbi,sumatra…*saya lg order biji maple,gmn cara penyemaian yg benar?*untuk d daerah saya apakah maple bisa tumbuh subur?mohon bantuannya, trims.

  140. on 23 Nov 2012 at 12:40 pmhendry gunawan

    salam sejahtera pak budi, pak saya mau tanya gimana ya pak agar tanaman bonsai saya dapat berakar yg besar dan campuran bahan tanaman nya apa saja ya pak agar tanaman bonsai saya dapat tumbuh dgn subur dan memiliki akar besar trims buat pak budi salam sejahtera dari saya hendry gunawan

  141. on 09 Dec 2012 at 4:18 amputu

    salam kenal pak budi , sy seorang pemula dari mataram,lombok ,tp sy sangat mencintai bonsai apalagi setelah melihat koleksi bapak semua bagus bagus dan kesuburanya prima,maaf pak budi sy mau minta petunjuk sy punya bonsai mirten umurnya kira-kira 12 thn tp skitar 2 minggu yang lalu salah satu pohon daun menguning layu apa kira kira penyebabnya dan obat jenis apa sebaiknya dipakai Trimakasih banyakpak budi

  142. on 09 Dec 2012 at 1:26 pmJack Chavez

    I’m gonna share the one from Lombang, Madura b/c I also have a tree I brought back from there. But I like the whole website and this is the second time I’ve come across it while searching for green-type stuff. Cheers!

  143. on 17 Dec 2012 at 4:14 amAw Subang

    pa budi…saya meliat di situs pa budi demo…tolong klo bisa perbanyak lgi…biar kmi bsa paham…dan meniru langkah…untuk mengbonsai

  144. on 20 Dec 2012 at 3:35 pmphay

    Mas Budi saya mau nanya sy belum lama ambil bakalan bonsai santigi dan saya tanam dipot medianya tanah saya campur pasir dan pupuk kandang semua daunan sy bersihkan sdh 1 minggu belum ada perkembangan apakah masih hidup atau bagamana bang

  145. on 20 Dec 2012 at 5:08 pmBudi Sulistyo

    Mas Phay,

    Harusnya jangan semua daun dibersihkan. Terlalu berat baginya untuk menimbulkan semua tunas baru. Media tanam seharusnya pasir saja. Pasir laut juga boleh. Coba saja cabut dan tanam di pasir saja. Siram dengan air garam secara berkala. sementara tempatkan di tempat teduh.

  146. on 07 Jan 2013 at 4:12 amBEN

    bahagian mati bonsai perlu disapu dengan bahan apa untuk ketahan bahagian itu…

  147. on 07 Jan 2013 at 4:23 amben

    pak budi kalo bahagian yang mati tu mcm mn nk bagi tahan… sapu pakai bahan apa untuk ketahana itu

  148. on 22 Jan 2013 at 11:47 pmagus

    pak budi, saya punya santigi besar dan rimbun, trus saya gunting cabang-cabang daun yang kecil supaya terbentuk tunas baru, tapi kok ranting itu jadi kering,, gmana solusinya pak, supaya di ranting itu terbentuk tunas baru..mohn pencerahannya pak

  149. on 23 Jan 2013 at 2:20 pmBudi Sulistyo

    Sapu saja bahagian mati itu dengan larutan kapur belerang
    Budi

  150. on 23 Jan 2013 at 2:46 pmBudi Sulistyo

    Diolesin dengan cairan kapur belerang saja bagian yang mati itu.

  151. on 18 Feb 2013 at 6:36 amagus

    terima kasih banyak pak budi atas pencerahannya.

  152. on 22 Mar 2013 at 4:19 pmBudi Sulistyo

    Bagian itu perlu disapu dengan larutan kapur belerabg

  153. on 22 Mar 2013 at 4:21 pmBudi Sulistyo

    Pak Putu,

    Mirten tanaman yang tidak begitu tahan panas. Taruh tanaman di tempat setengah teduh. Maka pertumbuhannya akan lebih subur.

  154. on 26 Mar 2013 at 8:12 amM Faisal Kamal

    Bapak Budi Yth : Saya Faisal dari Palembang, mohon pencerahannya nih Pak. Saya dapat kiriman pohon Sapu2 ( Cucur Atap), seminggu daunya hijau semua, setelah itu mulai berguguran dan kemudian gundul sama sekali. Setelah 1 minggu kemudian tumbuh baklal daun kecil2, tapi tidak banyak. 3 hari setelah itu bakal daun tersebut kering, karena kecewa akhirnya saya potong semua ranting2nya, bagaimana menurut Bapak cara yg tepat mengatasi persoalan saya ini ??

  155. on 09 Apr 2013 at 3:13 pmBudi Sulistyo

    Pak Faisal,

    Mungkin media tanamnya terlalu banyak pupuk pak ya. Harusnya kalau mulai tanam ditinggalkan daun sedikit saja agar akar bisa berkembang. Kalau gundul terus tumbuh lagi dan kering lagi, rasanya dia sudah meninggalkan kita semua.
    Harusnya pertama bersihkan media tanam asli dengan disemprot air, tetapi diusahakan agar akar rambut tidak habis. Kurangi daun sehingga tinggal sedikit saja. Tanam di media tanam yang benar. Siram dengan air yang bersih. Sapu sapu tidak suka air payau.

  156. on 09 Apr 2013 at 3:19 pmBudi Sulistyo

    Pak Hendry,

    Media tanam tergantung dengan jenis tanaman. Tanaman dari daerah darat, seperti beringin, asam jawa,bu biji bisa dengan campuran pasir, tanah gunung dan humus dengan perbandingan 1,1,1. Untuk tanaman pantai seperti santigi, cemara udang campuran pasir dan humus saja 2,1
    Kalu pot besar akar akan cepat kembang. Tapi akar juga harus diarahkan agar tidak liar.

  157. on 09 Apr 2013 at 3:20 pmBudi Sulistyo

    Pak Rido,

    Saya gak punya pengalaman dengan maple. Rasanya agak sulit di daerah tropis. Saya lebih suka cari tanaman tanaman tropis aja.

  158. on 10 Apr 2013 at 1:58 amdadi

    Pgi pa Budi,mau tnya .bsngkali tau jdwl kgiatan ppbi cbng bandung tmur jabar.sy mau ikut ke anggotaan.ke siapa ap Bp ad no atw orng yg bs d hubungi.mksh.dadi

  159. on 10 Jun 2013 at 6:25 amlee young kay

    very very good collection and very nice response to all comments

    salut pak budi, sukses terus pak :)

  160. on 11 Jun 2013 at 2:24 amBudi Sulistyo

    Thanks a lot

  161. on 18 Sep 2013 at 1:27 amanthoed

    Pak budi,, sy punya santigi dan mohon petunjuk mengenai pupuk penyubur agar daun cepat tumbuh dan panjang dan kawat pengawet itu nya apa namanya,,??apakah hanya kawat biasa atau kawat khusus??sampai berapa lama bakalan(bahan) pemeliharaannya bisa seperti punya bapak(terbentuk)??.maksaih pak infonya

  162. on 18 Sep 2013 at 10:41 amBudi Sulistyo

    Sering sering aja dikasi air garam. Pupuk apa aja boleh. Kawat pakai aluminium.
    Budi

Leave a Reply