Subscribe to
Posts
Comments

Bonsai Design

Neea Buxifolia

In 2004 I was invited to Puerto Rico. I was amazed with a plant with small leaves that became beautiful bonsai with very compact ramification. They said that the name was Nia or Neea buxifolia. I was lucky that I got a small neea during my trip around the island.

The material

the material from the other side

I made initial cut on the plant

The initial cut

The tree grew very quickly in Indonesia. It seemed that the high humidity and the tropical condition in my garded suited so much with the plant.

In 2006 I took the picture of the plant.

In 2006

In 2007 I took an other picture

In 2007

And finally in 2008, here was the result of the tree.

in 2008

The second neea I got was given by Jose Luis Rodriguez Macias. It was bigger than the first one. You can see the progress of the material changing into a bonsai. Please enjoy.

The neea material I got

After reducing the twigs

Let it grow for some time

The center trunk was cut and let the right trunk grew bigger

The final result

 

The tree in Jan 2012

148 Responses to “Bonsai Design”

  1. on 09 Mar 2009 at 7:40 pmtanto

    wah keren..,
    makasih bgt pak, ini pembelajaran yg bagus bgt bwt sy.
    kalau seumpamanya bs, mohon diberikan contoh2 yg ln lg pak
    salam,

  2. on 23 Mar 2009 at 11:32 pmBudi Sulistyo

    Pak Tanto,
    Ya, nanti akan saya tambah

  3. on 30 Mar 2009 at 7:34 pmAndrie Andrea

    Saya sudah mempunyai buku2 yang Bapak buat.
    Saluuut…

    Bisa kursus nggk pak?

    Salam hormat

  4. on 02 Apr 2009 at 5:23 pmaria

    Setuju, bagus banget. Kalau saya mungkin liat pohon kaya gitu(gambar 1) bakalan ga tau mau diapain.
    Terimakasih pak, ini masukan yang berharga.

  5. on 03 Apr 2009 at 2:30 pmDadang

    Hasilnya bisa sangat dramatis…..!
    Salut…….

  6. on 08 May 2009 at 2:27 pmadhy

    pak budi s, kami penggemar bonsai alas sumbawa ntb, kami gemar bonsai baru 3 thn. kami banyak punya koleksi bakalan santigi… kami pernah beli buku bpk, tolong ditampilkan gaya bebas, bunjigi, literati milik bpk dan pak robert

    Gaya bebas punya Pak Robert bisa anda lihat di blog pak Robert. Saya akan coba tambah gaya bunjin saya dalam galery

  7. on 24 May 2009 at 9:14 amjuan daniel zamora cubas

    Transformacion soberbia, un buen trabajo maestro.

  8. on 07 Jun 2009 at 8:51 amagus rozali

    from nothing to something, salut!!!

  9. on 03 Jul 2009 at 12:32 amvika

    no comen
    karena bagus2 sekali
    salut……

  10. on 24 Jul 2009 at 11:45 pmSugik

    wah…keren tu….tapi kalau bisa sekali kali pembinaannya dimohon sampai bali. tabanan kususnya, allnya banyak penggemar bonsai pemula di sini. selamat….semoga sukses

    saya sering juga ke Tabanan

  11. on 21 Aug 2009 at 3:05 pmiskandar

    yang terhormat pak budi sulistyo
    pak saya saluut pembuatan bonsai bapak..
    pak saya adalah pencinta bonsai sejak 22 tahun yang lalu..
    saya mengoleksi brapa jenis bonsai,terutama jeruk ingkit.
    saya ingin menawarkan pada bapak.insyaallah ika bapak dan teman2 bapak berminat bisa hubungi saya pada no telf 081379787089

  12. on 21 Aug 2009 at 3:08 pmiskandar

    yang terhormat pak budi sulistyo
    pak saya saluut pembuatan bonsai bapak..
    pak saya adalah pencinta bonsai sejak 22 tahun yang lalu..
    saya mengoleksi brapa jenis bonsai,terutama jeruk kingkit.
    saya ingin menawarkan pada bapak beberapa bonsai jeruk kingkit saya pada bapak.insyaallah jika bapak dan teman2 bapak berminat bisa hubungi saya pada no telf 081379787089

  13. on 05 Oct 2009 at 10:51 pmJoan Greenway

    Lovely tree!

    Thanks Joan,
    Budi

  14. on 27 Oct 2009 at 4:21 pmErey Prabu

    YTH.Pak Budi

    Pak, saya Erey Prabu dari Palembang.

    Pak … terusterang saya sangat kagum kepada Bapak, atas kemampuan dan pengalaman di dunia Bonsai.

    Saya mohon bagi pengalaman tentang bonsai, saya sangat tertarik dengan tanaman bonsai, tetapi saya sangat terbatas pengetahuan bagaimana membentu dan merawat bonsai. Untuk itu saya sangat mengharapkan agar kiranya bapak bersdia membantu

    Terima kasih,

    Erey

  15. on 18 Nov 2009 at 9:47 pmBudi Sulistyo

    Bung Erey,

    Anda harus mulai menanam. Kalu ada kesulitan nanti pasti dibantu.

    Budi

  16. on 28 Dec 2009 at 1:19 pmtri

    yth: Bpk Budi sulistyo…

    Salam Kenal..
    Saya Trijanri dari Karimun Kepri… Saya Baru mau mulai pak.. mohon petunjuk2nya tentang bonsai.. dirmah saya banyak bahan bonsai santalia/anting putri, cuman saya bingung membentuknya pak, kira2 bisa tidak gambarkan seandainya saya krim photonya pak? terus dimana saya kirim photonya?
    terima kasih..

    Pak Trjanri,
    Foto bisa dikirim ke budisulistyo@yahoo.com
    Budi

  17. on 28 Dec 2009 at 1:37 pmandi

    Pak Budi, saya Andi dari solo. Saya baru cari bibit/pohon jeruk kingkit. Pak Budi ada info?

    Pak Andi,

    Jeruk kingkit ada di banyak tempat di Indonesia

  18. on 24 Jan 2010 at 7:41 pmHj Ramdan

    Saya memang peminat bonsai dari Malaysia, saya ada banyak koleksi dan semuanya direka sendiri sudah 25 tahun saya mulakan minat pada bonsai dan sesiapa berminat kita bolih kongsi bersama.

  19. on 06 Feb 2010 at 6:01 pmNorbert Jäger

    Dear Mr Sulistyo,

    Great report.
    Do you know, where I can get this tree in Germany ?
    Google doesn´t know it.

    Greatings
    Norbert

  20. on 07 Feb 2010 at 7:36 pmBudi Sulistyo

    Hi Norbert,

    You can go to Edo Bonsai in Netherlads to get tropical trees.

    Budi

  21. on 21 Feb 2010 at 2:17 pmtintus hariyanto

    pa budi bagaimana cara mendapatkan buku pemula terus cara bentuk bentuk yang unik saya masih bingung. bagaimana belajar sama pa budi terus jadi anggotanya. tintus diceribon

  22. on 25 Feb 2010 at 10:06 pmBudi Sulistyo

    Pak Tintus,

    Untuk pemula buku yang paling cocok adalah buku “Bonsai ” terbitan Kanisius karangan saya dan pak Limanto Subijanto. Kalau tidak ada di Gramedia Cirebon, bisa pesan langsung ke Kanisius atau ke saya juga bisa.

  23. on 16 Mar 2010 at 11:09 pmMoh. Yasin Baculu

    Salam Jumpa Pak Budi, saya sangat berharap Bapak mempunyai kesempatan berkunjung ke Palu Sulawesi Tengah untuk memberikan motivasi dan pemahaman ttg bonsai. Sekedar info di daerah kami, khususnya di Kec. Tojo Una-Una habitat santigi dibeberapa pulau-pulau dieksplotasi secara besar-besaran dan diperdagangkan antar pulau,hal ini membuat kekhawatiran saya akan keberlanjutan habitat santigi. Mohon proteksi dari PPBI Pusat.
    terima kasih atas waktu babapk untuk membaca koment saya
    Trims.
    Moh. yasin Baculu (Sekretaris PPBI Cab. Palu)

  24. on 16 Mar 2010 at 11:26 pmBudi Sulistyo

    Pak Yasin,

    Saya juga ingin pergi ke Palu untuk memberi motivasi dan pemahaman.
    Apakah ada bantuan fasilitas yang bisa diberikan ?

    Budi

  25. on 02 May 2010 at 12:03 amAndi Kemal

    Salam kenal master Budi, aku anak timur, tepatnya Makassar,
    perna ke Makassar ??
    Jalan-jalan ke rumah..
    12 tahun yg lalu aku mengenal Bonsai Lewat tulisan Bapak..
    Sukses selalu…

  26. on 02 May 2010 at 12:13 amAndi Kemal

    Hallo pak Budi…
    Apa kabar ! Baji baji ji to
    perna Ke Makassar..?
    Jalan-jalan ke rumah
    12 tahun lalu aku mengenal bapak lewat tulisan..and dsitu aku mengenal bapak…
    Oke sukses selalu…
    Salam bonsai

  27. on 04 Jun 2010 at 6:36 pmdony febriansyah

    Selamat malam pak budi salam kenal saya dony dari lampung, saya memiliki beberapa bahan bonsai jeruk kingkit rata-rat sebesar paha orang dewasa tp saya bingung memulai bentuknya, bagaimana ya apa saya kirim fotonya tolong pak budi konsep ya..atas bantuannya terimakasih

  28. on 07 Jun 2010 at 10:22 pmBudi Sulistyo

    uh bikin orang ngiler aja, dengar kingkit sebesar paha. Coba kirim gambar ke email budisulistyo@yahoo.com

  29. on 08 Jun 2010 at 9:43 pmMawardi

    Salam,
    Saya dari Aceh, saya memiliki beberapa material bonsai, bberapa minggu yang lalu saya menmukan Wahong, cuma saya tidak tahu species wahongnya? Tolng infonya Pak Budi…

  30. on 09 Jun 2010 at 8:25 amMauricio

    hi mr. Budi

    Im amazed by this work… I also live in a tropical country specially de state I live in.. (Chiapas, Mexico)

    I like to ask you about the way you feed your trees, because it seems that you have a great regime of nurishment for your loved colletion…

    congratulations… your work its an inspiration…

  31. on 04 Jul 2010 at 10:52 pmdika

    keren banget, kalo bisa contoh pohon asam jawa, manfaat banget buat saya belajar, soal nya saya baru pemula…

  32. on 26 Jul 2010 at 9:23 pmRamses

    dear, Mr Budi
    may day, may day may day…
    saya ramses, sy penggemar bonsai di makassar sejak +/- 7 tahun lalu, di tempat tinggal saya, saya sdh memiliki bermacam2 bonsai, tp meskipun sdh cukup lama mengenal bonsai sy masih sering terkecoh saat akan membeli bahan bonsai ataupun bonsai yang sudah jadi krn bentuk ataupun tekstur dan warna batang yang sdh berkesan tua!!, contoh BOXUS, MERTANT dan SERIBU BINTANG, tapi ternyata tanaman itu bkn bonsai sejati!!, artinya tanaman itu aslinya memang bukan tanaman besar!! maksud saya bukan POHON!! melainkan cuma TANAMAN PERDU!!, krn berhubung tidak semua tanaman yang dapat dibonsai (POHON) dapat saya temui disekitar tempat saya tinggal, jadi saya ga tau apakah tanaman itu jenis Pohon besar atau hanya sekedar tanaman perdu?, dengan penuh rasa hormat sy minta bantuan bpk utk menampilkan jenis tanaman “BONSAI SEJATI” & jenis “BONSAI PERDU”, sekedar info bt bpk skrg sy ada di jkt dan sy sempat berkunjung ke pameran FLONA di lap banteng, sy sempat dibuat ga bisa tidur sama Cendrawasih, Anting Putri & Sanchang (sangking indahnya tanaman2 itu), tp yaa itu tadi pa’ sekali lagi jgn sampe itu BUKAN POHON!!. saya mohon bantuan bapak. cheers…

  33. on 08 Sep 2010 at 11:57 amBudi Sulistyo

    Pak Ramses<
    Sebenarnya tak jadi masalah apakah asalnya pohon besar atau perdu. Asalkan bisa dibentuk bagus. Pohon pohon perdu yang berbatang besar umumnya berharga mahal karena memang lama untuk membuatnya jadi besar. Yang dari pohon besar juga sama baiknya. Tapi jangan cuman mengejar ukuran untuk bonsai dari pohon besar, karena aslinya bisa sangat besar. Membentuk pohon kecil tetapi dengan wibawa sebuah pohon besar yang indah. Itulah idenya.
    Budi

  34. on 13 Oct 2010 at 8:11 pmYULIUS DEDI RESPIADI

    mantap pak. mksh

  35. on 10 Nov 2010 at 6:15 pmErli

    salam hormat..
    pa saya punya Sancang, Kaliage, serut, Lada-lada, hokiantea.. mo tanya kalo buat penumbuh/memperbesar akar ataupun mempercepat batang ada obat khusus ngak .. trim..

    Tanam saja di tempat yang besar. Akar bisa diatur dan kalau perlu sebagian akar yang mau dibesarkan dijulurkan keluar pot dan sampai menembus tanah. Budi

  36. on 17 Nov 2010 at 5:16 amsukardi

    salam hormat…mr Budi
    saya kardi dari dumai riau,saya jatuh cinta ama bonsai udah dari thn 93(msh SMA),cuman hanya pemain tunggal dan masih awam,olahan saya banyak yang pindah tanggan,baru th 2007 di tempat saya banyak pecinta bonsai dan saya baru mulai lagi,tapi untuk bahan sangat sulit,yg bnyk jenis beringin khususnya B.karet dan bunut,jd mohon pak Budi dan teman2 infokan dimana kami bisa mendapdtkan bahan bonsai(santigi,ulmus,kupak landak)

    Pak Kardi<

    Santigi umumnya di pantai berkarang atau berpasir. Ulmus banyak di nursery di Singapura. Kupa landak banyak di Puncak, Jawa Barat

  37. on 08 Dec 2010 at 1:55 amHery

    Salam kenal Pak Budi,
    Saya kagum dengan karya-karya bonsai Bapak yang membuka wawasan saya lebih bertambah. Apalagi melihat tahapan membuat bonsai Neea Buxifolia di atas, saya jadi semangat untuk membonsai.
    Saya sendiri baru mencoba berbonsai dari bahan yang masih mentah….
    Saya boleh copy gambar-gambar tahapan membuat bonsai di atas ya Pak?
    Terima kasih sebelumnya.

    Pak Herry,

    Silahkan saja.

    Budi

  38. on 08 Dec 2010 at 9:26 ambenjo

    salam hormat sehormat hormatnya, Mr Budi..
    terus terang saya sangat sangat salut pada pak budi, seorang “jenderal” tapi gak pernah capek untuk jawab pertanyaan2 konyol dari “kopral & hansip” macam saya…
    klo boleh minta info pak bud, yang ada benih/biji kawista dmna pak…???
    skali lg, salam hormat sehormat hormatnya,
    anda yang terbaik, pak…

  39. on 10 Dec 2010 at 12:53 amBudi Sulistyo

    Mas Benjo,
    Terimakasih atas komentarnya. Saya tidak tahu di mana beli biji kawista. Tapi di daerah Pati, Rembang itu banyak sekali pohon kawista.
    Budi

  40. on 10 Dec 2010 at 12:54 amBudi Sulistyo

    Mas Hery,
    Silahkan saja kalau mau copy.
    Budi

  41. on 16 Dec 2010 at 7:40 pmramses

    dear, Mr Budi

    Assalamualikum…
    Bravo..!!

    terima kasih banyak atas penjelasan bapak mengenai bonsai pohon & bonsai perdu, pak kalo bpk tdk keberatan apakah sy boleh minta tips buat tanaman saya yang mungkin bila saya belum menemui solusi yang tepat dalam waktu dekat, tanaman tersebut hanya akan tinggal kenangan saja bagi saya, meskipun tanaman itu adalah salah satu yang paling saya banggakan!, tanaman itu berdaun kecil, bulat (mirip bentuk & ukuran daun hokkian tea) warna batang putih kecoklatan, dan warna daun varigata (persis seperti warna daun beringin putih) tapi saya tdk tau nama tanaman itu!, sy beli di daerah taman safari “bogor”, 1 bln hidup dijakarta daunnya mulai rontok, hari terus berlalu dan sekarang sdh memasuki bln ke 5 sejak tanaman tersebut sy beli, dan saya sudah melakukan 2 kali pergantian media tanam mulai yang banyak menyimpan air sampai yang porous banget, tp hasilnya sama saja! (daun tetap rontok), sekarang tanaman itu mirip tanaman di eropa pada saat musim dingin alias nyaris gundul, sy mohon bantuan bpk utk kasus sy ini.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    wassalam & warmest regards

    ramses

  42. on 17 Dec 2010 at 5:14 pmBudi Sulistyo

    Pak Ramses,

    Saya curiga tanaman tersebut cocoknya di daerah dingin atau dataran tinggi. Kehidupan jakarta terlalu berat buat dia. apakah anda sudah tarud dia di tempat teduh atau setengah panas? Kalau memang tanaman dataran tinggi rasanya susah untuk ditolong.

    Budi

  43. on 20 Dec 2010 at 4:02 amRAMSES

    Dear, Mr budi

    iya pak, sejak awal saya jg sdh mengira demikian.
    dan iya pak saya sdh menempatkan tanaman tsb di 2 lokasi berbeda, 7 jam penyinaran dan hanya 3 jam penyinaran tp memang mungkin saya harus merelakannya pergi!, kalau boleh, sy mohon bapak melmpirkan jenis2 tanaman yang hanya bisa hidup didaerah dingin saja,maksud saya NO TOLERANT FOR HIGH TEMPERTURE, dan jenis tanaman yang, mampu beradaptasi terhadap High temperature setelah dipindahkan dari HIGH GOROUND ek LOWER GROUND. supaya laen kali sy ga nyasar lagi.
    atas penjelasan bpk sya mengucapkan banyak2 terima kasih, semoga bpk & keluarga senantiasa dlm lindungan ALLAH s.w.t

    wassalam & warmst regard

    Ramses

  44. on 21 Dec 2010 at 5:31 pmBudi Sulistyo

    Pak Ramses,

    Ya nanti saya coba pak.

    Budi

  45. on 25 Dec 2010 at 1:55 pmErli

    Bagus…. Angkat jempol tinggitinggi

  46. on 04 Jan 2011 at 7:27 americh

    wah designnya top banget pak,salut buat pak budi, saya pendatang baru pak,kita pernah ngobrol waktu pameran di depok, terima kasih atas masukannya waktu itu, terus berkarya pak biar kita – kita pendatang baru dapat masukan dan tak jenuh dalam dunia bonsai,anda layak jadi barometer bonsai di indonesia,kapan ada rencana pameran lagi pak di jabotabek, matur suwun atas infonya

    Thanks Pak Eric
    Pameran akan diadakan bulan Maret tg 5 sd 13 tahun ini juga di Gandaria City, arteri Pondok Indah

  47. on 16 Jan 2011 at 8:21 amsukardi

    salam kenal pak Budi…

    saya dari Riau,,di daerah saya banyak PACAR LAUT,apa tumbuhan ini masuk kategori bonsai?

    Pak Sukardi,

    Pacar laut atau Cerodendrum merme memang salah satu bahan bonsai. Di luar negeri juga banyak pak.

    Budi

  48. on 21 Jan 2011 at 11:24 amRetno ruslan

    Dear Mas Budi..kalau akar serut ukuran 2 inci yang ditanam di pot bisa tumbuh ngak?soalnya waktu saya gali tanahnya gak semuanya ikut tapi akar serabutnya masih tetap ada..mohon penjelasannya trim’s

    Mbak Retno,
    Ya bisa saja. Tapi kalau serabut ada umumnya akan hidup. Bila tidak ada, akan seperti proses stek, menunggu akar baru tumbuh.

    Budi

  49. on 06 Feb 2011 at 7:47 amsukardi

    salam hormat…

    mo nanya lagi nih..saya baru dapat bahan CENDRAWASIH sbesar lengan org dewasa tinggi 40 centian udah terbentuk di alam[btng,cbng,rnting udah oke],tp udah 2bln koq belum bertunas,yg keluar tunas dari pngkal btang, tapi btng,cbng dan rnting masih segar/hidup,apa emang lama utk cndrawasih btng tua dan besar?ada gak perangsang tumbuh tunas…..mohon penjelasannya…tank’s pak BUDI>>>

  50. on 06 Feb 2011 at 10:16 pmHerlonggo

    Salam kenal Pak Budi,
    Saya pemula di Bonsai, tertarik dgn buku Boonsai karangan Bapak oleh penerbit kanisius posisi saya di Kalimantan Barat tepatnya di Singkawang, mohon info harga bukunya dan no rekening tuk saya transferkan nanti saya akan kasihkan alamat lengkap saya dan sangat berterima kasih setelah baca blog Bapak sangat berguna

    Kirim aja alamat anda di email saya budisulistyo@yahoo.com atau ke HP 0811861046

    Budi

  51. on 07 Feb 2011 at 1:37 pmBudi Sulistyo

    Pak Sukardi,

    Coba bagian atas yang belum tumbuh disemprot pupuk daun agar labih terangsang untuk tumbuh. Harusnya sudah tumbuh. Yang tumbuh dari batang dikurangi agar makanan ke cabang yang masih belum tumbuh itu.

  52. on 08 Feb 2011 at 1:20 pmBudi Sulistyo

    Buku Kanisius saya ada dua. Satu judul Bonsai harga 85 ribu, satu lagi estetika bonsai, harga 30 ribu. Ongkos kirim sekitar 40 ribu

  53. on 10 Feb 2011 at 5:02 pmAundrea Dorcas

    Great article. Waiting for more.

  54. on 13 Feb 2011 at 6:43 amherdiyawan

    Salam kenal Pak Budi. Saya pemula bonsai. Saya punya beberapa bakal bonsai. Saya sudah melakukan pemotongan beberapa batang yang saya kira tidak terpakai. . Boleh minta tips bagaimana supaya bonsai berbatang banyak dan rimbun? Mohon Penjelasan Bapak. Terima kasih.

  55. on 14 Feb 2011 at 12:44 amBudi Sulistyo

    Banyak kesalahan para pemula adalah langsung menanam bcalon bonsainya di pot kecil. Padahal untuk membuat bonsai baik, sebuah bahan yang belum banyak cabang dan rantingnya harus ditanam di pot besar sehingga pertumbuhan cepat. Saat itu juga dibarengi dengan pemotongan sehingga batang cepat membesar, ranting dan cabang pun menjdai banyak. Media tanam harus yang subur dan cocok dg tanaman. Semoga bermanfaat.

    Budi

  56. on 14 Feb 2011 at 12:46 amBudi Sulistyo

    Thanks. I hope I will add soon

  57. on 18 Feb 2011 at 3:20 amhendro

    Salam kenal pak budi, saya tinggal di banjarmasin punya bonsai cemara udang besar, problemnya salah satu cabang utama bawah ada yang mlepes. apakah mungkin ditumbuhkan lagi ? kalau bisa bagaimana caranya? mohon penjelasannya. terima kasih

  58. on 19 Feb 2011 at 11:30 amHendro

    Salam kenal pak budi, saya pemula bonsai di banjarmasin punya cemara udang besar yang cabang utama bag bawah mlepes. Adakah cara supaya daunnya tumbuh lagi? Mohon penjelasannya. Trims

  59. on 17 Mar 2011 at 11:14 pmGinette

    An excellent article showing the progression of your bonsais. The stages of development were fascinating and can only help to inspire. Many thanks.

  60. on 18 Mar 2011 at 3:05 pmBudi Sulistyo

    Mas Hendro,

    Kalau mlepes umumnya karena jaringan akar di bawah rusak atau cabang tersebut terkena hama yang berupa kutu kutu kecil yg sangat lembut. Sebaiknya diperiksa apa ada drainasi yg gak jalan. Gosok bagian cabang tersebut dg insektisida. Kalau aliran masih sehat, umumnya akan tumbuh kembali

  61. on 18 Mar 2011 at 3:06 pmBudi Sulistyo

    Thanks

  62. on 24 Apr 2011 at 3:51 amRielman Adam

    Pak Saya Punya serut Gestket Tolong Dong Tampilkan gaya serut anda.

  63. on 25 Apr 2011 at 3:48 amBudi Sulistyo

    Yang bener istilahnya Cascade. Ya nanti saya tampilkan. Saya foto dulu ya

  64. on 16 Aug 2011 at 1:24 pmgilang

    Salam Kenal Pa Budi
    Saya menyenangi bonsai keturunan dari papa saya,beliau sangat terinspirasi dengan pa budi hingga sekarang, saat ini masih ada bonsai yang hidup dari sebelum papa saya menikah..
    yang mau saya tanya bagaimana cara mengecilkan daun,karena jika igin disuburkan biar besar batang dan banyak daun malah daunnya membesar pak? saya punya bonsai gaya tertiup angin namun batangnya kecil mau di tambah tanam sudah tidak ada lahan lagi,apakah ada cara lain pak?jika ada pertemuan atau gathering saya sangat senang jika dapat informasinya dan akan saya usahan untuk datang atau bagaimana bisa menjadi anggota PPBI

    terima kasih

  65. on 16 Aug 2011 at 1:29 pmgilang

    oya pa budi
    jika mau menjin caranya gimana ya terus biar putih pake apa?saya mo coba bikin bonsai tulang ikan, tapi apakah kayu nya juga menjadi kuat jika di kasih obat pemutih itu pak dan bisa di beli dimana ya jika di bekasi

    terima kasih

  66. on 07 Sep 2011 at 4:15 pmBudi Sulistyo

    Batang yang di jin diolesi dengan larutan kapur dan belerang. Biasanya ada obat jin dari Jepang yang dijual di Jakarta.

  67. on 07 Sep 2011 at 4:19 pmBudi Sulistyo

    Pak Gilang,

    Membuat bonsai itu prinsip pertama adalah membesarkan batang, sesuai keinginan, setelah itu cabang, baru ranting ranting. Bila ranting makin bnyak daun akan otomatis mengecil. Anda tinggal di mana? Gampang kok jadi anggota PPBI.

    Budi

  68. on 25 Sep 2011 at 4:19 amHerman

    Salam Pak Budi,

    Terima kasih atas blog-nya yg sangat menarik. Saya pemula bonsai dan mau bertanya apakah tanamam mahkota dewa bisa dijadikan bonsai ?

    Saya mempunyai bonsai Sianci yg belum terbentuk/bahan dg batang yg masih kecil (kira-kira 3cm), ttp kesulitan mencari informasi mengenai tanaman ini. Apakah tanaman ini tidak populer atau langka?

    Terakhir, jika buku yg ditulis pak Budi tidak terdapat ditoko buku, bisakah saya memesan ke pak Budi? Posisi saya di Malang

    Trims.

  69. on 28 Dec 2011 at 2:16 pmanton

    Selamat malam Pak Budi,
    Saya pemula bonsai, saya kesulitan bila memilih bakalan / bahan bonsai karena saya kurang tahu cara membentuknya dikemudian hari (belum ada gambaran harus dibentuk seperti apa).
    Mohon bantuannya Pak Budi bagaimana cara menilai bakalan bonsai yg baik dan bagaimana cara membentuknya di kemudian hari sehingga ada sedikit gambarannya dari sekarang?
    Terimakasih atas perhatiannya.

    Salam, Anton

  70. on 29 Dec 2011 at 3:27 pmBudi Sulistyo

    Anda harus tahu kriteria dan bentuk bentuk bonsai. Petunjuk yang praktis bisa anda baca di buku Bonsai terbitan Kanisius karangan saya.

  71. on 30 Dec 2011 at 3:20 pmanton

    Selamat malam Pak Budi,
    Terimakasih atas informasinya, btw bisa saya beli dimana ya bukunya? saya lokasi di Jakarta.

    Salam, Anton

  72. on 09 Jan 2012 at 4:12 pmBudi Sulistyo

    Anda bisa beli di Penerbit Kanisius Yogyakarta, atau tempat saya juga bisa.

  73. on 28 Jan 2012 at 4:12 amfelix kudus

    wow…keren pak….kapan maen ke kudus neh….?

  74. on 29 Jan 2012 at 3:32 pmBudi Sulistyo

    Pak Felix,

    Sementara ini belum ada rencana pak.

    Budi

  75. on 15 Feb 2012 at 7:27 pmakie7787

    askm pak budi say erik dari malay?klu 2 ada santigi mau di jualdngan harga brpatuttan saya may pak

  76. on 04 Mar 2012 at 11:18 amBudi Sulistyo

    Nanti coba saya lihat dan beri kabar anda

  77. on 19 Mar 2012 at 1:39 amMei Siswanto

    Salam buat Pak Budi Sulistyo

    Saya melihat pohon bosai di jalan- jalan , saya senang

    melihatnya, dan saya pingin tahu lagi tentang pohon asam,

    kebeheran saya lihat koleksi pohon asam pak Budi Sulistyo ,

    pak kalau boleh tau sampai berapa tahun Bonsai Asam bisa

    terbentuk dengan sempurna ? Kalau pohan asam yang ditanam

    di kota Semarang itu jenisnya pohan asam apa?

    Terima Kasih

  78. on 02 May 2012 at 2:39 pmBudi Sulistyo

    Kalau mau dapat bonsai asam yang besar, bisa dengan mencangkok. Pilih batang yang bentuknya baik dan dicangkok.

  79. on 02 May 2012 at 3:15 pmBudi Sulistyo

    Pak Mei,

    Kalau soal waktu, sangat tergantung bahannya. Ada yang mesti 10 tahun, ada pula yang 5 tahunan. Di semarang ya asam jawa kan umumnya.

  80. on 08 May 2012 at 7:46 pmA.Sugandi

    Pak Budi Yg Terhormat,
    Tulisan & ulasan Bapak sangat banyak menginspirasi saya.
    Saat ini saya Punya bakalan Cendrawasih ukuran Large sebanyak 3 rumpun pohon,mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

  81. on 05 Jun 2012 at 7:36 amDeni SW - PPBI Serang

    Salam Bonsai,
    Pak Budi, saya sangat tertarik sekali ama jenis pohon Neea Buxifolia ini, kebetulan saya lagi belajar memperbanyak bahan2 pohon bonsai yang jarang ada di Indonesia, kalo saya ingin bahan/bibit/cangkokan jenis pohon ini bisa didapat dimana ya?

  82. on 06 Jun 2012 at 6:13 amYudi YB

    Pusing…., salut atas kesabaran pak budi untuk menunggu 4 thn lamanya sehingga dari bakalan menjdi bonsai yang ehm…

  83. on 20 Jun 2012 at 2:33 pmAw Subang

    Pa Budi … ini semua jdi motvasi saya dan Bapa merupakan insvirasi saya…tks

  84. on 20 Jun 2012 at 4:19 pmBudi Sulistyo

    Pak Deni,

    Saya sudah perbanyak beberapa pohon dan pernah saya bagi ke beberapa teman. Pernah juga waktu itu dalam pertemuan bonsai, satu neea saya buat doorprize

  85. on 20 Jun 2012 at 4:20 pmBudi Sulistyo

    Mas Yudi,

    4 tahun itu termasuk cepat.

    Budi

  86. on 14 Jul 2012 at 11:33 amdoddy

    pak dimana beli bibit nia. tks

  87. on 01 Aug 2012 at 8:53 amsigit batam

    salam kenal pak budhi

  88. on 06 Aug 2012 at 4:12 amAw Subang

    pa budi saya ada masalah dengan bahan bonsai saya…yg banyak hama putih kaya semacam kutu warna nya putih…obat hama apa yg hrus saya gunakan…

  89. on 15 Aug 2012 at 5:33 pmBudi Sulistyo

    Pak AW
    Kutu putih memang sangat mengganggu. Anda harus rajin menyemprot insectisida dan juga menyikat batang yang kena. Seringkali kelihatannya sudah terbasmi, tetapi di bawah kulit masih ada. Kutu putih juga menyerang bagian di dalam tanah, jadi tanaman juga perlu direndam dalam insectisida.

  90. on 15 Aug 2012 at 5:34 pmBudi Sulistyo

    Salam kenal juga pak Sigit.

  91. on 15 Aug 2012 at 5:36 pmBudi Sulistyo

    Pak Doddy,

    Saya masih punya bibit Neea. Anda bisa kontak saya di 0811861046

  92. on 22 Aug 2012 at 6:08 amBonsai Maumere

    siang pa BUDI…
    Kita baru menggeluti bonsai, mo tanya kapur yg digunakan u pengawetan jin apakah kapur buat makan siri pinang atau kapur labur tembok.
    Makasi sebelumnya atas info pa BUDI…

    fb KATHILO MAUMERE

  93. on 12 Sep 2012 at 8:14 amWARIH SETIAWAN

    sip…. terima kasih ilmunya.. itu ekperimen bertahun ya bos..
    tambah yang lain donk

  94. on 08 Oct 2012 at 6:32 pmaang

    Slm kenal pak budi…
    Saya sangat menyukai bonsai, dan byak mempunyai bakalan bonsai, tpi saya terkendala dalam pembuatan, terutama saat memilih tunas, tunas mana yg d buang dan tunas mana yg d besarkan….???

  95. on 29 Oct 2012 at 6:47 amDicky

    nice……
    luar biasa, salam pak budi.
    karya bonsai yang luar biasa….berhubung saya tinggal di bandung saya hanya sempat melihat koleksi-koleksi nya bpk. ade magrib(salah satu pentolan bonsai kawasan bandung). mungkin lain kesempatan saya bisa berkunjung atau bertatap muka dengan pa budi.

    salam.

  96. on 01 Nov 2012 at 1:37 pmAw Subang

    Pa budi … mohon petunjuk…buat obat pembasmi hama putih…yg pas apa ya spya tda merusak pertumbuhan bonsai nya sendiri

  97. on 01 Nov 2012 at 4:28 pmBudi Sulistyo

    Terimakasih pak Dicky. Sampai jumpa.

    Budi

  98. on 01 Nov 2012 at 4:40 pmBudi Sulistyo

    Pak Aang,

    Anda harus punya bayangan masa depan bonsai anda. Nah dari situ anda bisa menentukan cabang mana yang mau dibuang, mana yang tidak. Terkadang ada cabang yang sekedar dipertahankan untuk membesarkan batang.

    Budi

  99. on 01 Nov 2012 at 4:43 pmBudi Sulistyo

    Pak AW,

    Hama putih memang paling rewel. Selain disemprot dengan insektisida, juga b
    mesti disikat, media tanam disiram insektisida juga dan perawatan mesti terus agar hama tak mengembang.
    Kalau bisa seluruh tanaman anda dibebaskan dari hama ini agar tidak tertular lagi.

    Budi

  100. on 08 Nov 2012 at 4:55 amAw Subang

    Pa Budi…saya sudah jengkel…banyak ranting yg sdah di program pada mati…bonsai yg terserang jenis Sancang,hokianti dan serut tpi aneh nya ke Santigi dia ga di srang…mhon info nya jenis racun apa yg manjur…terima kasih

  101. on 09 Nov 2012 at 11:14 amdoddy

    pak tlng ditambah bonsai designnya. saya ingin belajar bonsai root over the rock. tks

  102. on 14 Nov 2012 at 4:34 pmBudi Sulistyo

    Pak Deddy,

    Nanti saya siapkan ya,
    . Tunggu sebentar

    Budi

  103. on 16 Jan 2013 at 12:34 pmdoddy

    slmt malam.
    pak saya mau minta info.
    1./pohon gulo gumantung itu nama ilmiahnya apa?
    2./ habitatnya tumbuh di mana saja?
    3./ ada berapa jenis varietas gulo gumantung?
    ps: saya cari2 di wikipedia tidak ada.
    terimakasih

  104. on 07 Apr 2013 at 7:33 amTEGUH

    Usul pak..kapan2 mohon bapak sudi membuat buku tentang bonsai mulai dari material, gambar konsep kemudian pembentukan bonsai step by step sampai jadi berikut keterangan waktu perjalanan ( progres in bonsai ). Agar para pemula bisa lebih paham belajar bonsai step by step. Trimakasih.

  105. on 08 Apr 2013 at 3:11 amBudi Sulistyo

    Ya pak Teguh. Saya akan coba buat. Semoga bisa cepat.

    Budi

  106. on 08 Apr 2013 at 3:13 amBudi Sulistyo

    Pak Doddy,

    Saya sudah cari cari sampai ke laboratorium di bogor, tapi belum ketemu. Nanti coba dicari lagi, Ada beberapa jenis pak, yang daun besar, ada yg daun kecil, ad beberapa pak.

    Budi

  107. on 08 Apr 2013 at 3:14 amBudi Sulistyo

    Coba tanahnya dicampur bubuk tembakau. Di Sumedang ada yang jual.

  108. on 14 Apr 2013 at 12:23 pmBudi Sulistyo

    Pak Teguh,

    Ya semoga say bisa bikin pak. Saya susun bahan dulu ya.

  109. on 10 May 2013 at 11:42 amdhanie

    sore pa budi.. Saya pemula ..saya punya babon jeruk kinkit yg batangnya baru sbsar ibu jari orang dwasa.. Apakah daunnya bisa diperkecil lagi? Bgmana caranya? Trus gmana cara untuk memperbnyak cabang dan rantingnya.. Trma ksh.. Dhanie Cikampek

  110. on 13 May 2013 at 2:12 pmBudi Sulistyo

    Cara memperkecil daun adalah dengan memperbanyak cabang dan ranting. Cara memperbanyak dengan membuat subur dulu. Setelah subur sebagian daun dikurangi dan sebagian bahkan dipotong separoh, tetapi jangan digundul habis. Sehingga akan ada rangsangan untuk pertumbuhan tunas tunas baru sehingga timbul cabang cabang dan ranting baru.
    Selamat mencoba.
    Budi

  111. on 19 May 2013 at 3:48 amabdhy

    salam pak.sy abdi d palu,sy jg bru dlm dunia bonsai.sy punya bbrp bakalan bonsai.sy tdk tau apa nama latinya,tp kt biasa menyebutnya dgn sarimbu.mohon bimbingannya pak…

  112. on 28 May 2013 at 3:48 pmBudi Sulistyo

    Pak Abdy,

    Saya sudah sering lihat sarimbun di pameran. Tapi saya belum coba untuk pelihara. Kelihatannya agak sulit untuk daerah pantai seperti Jakarta ya. Saya belum tahu namanya. Kelihatannya sarimbun bahan yang bagus.
    Budi

  113. on 22 Jun 2013 at 5:10 amabdhy

    alhamdulillah di dekat pantai sarimbu bisa tumbuh dengan baik pak,palu juga dekat pantai.saya dan teman2 di sini banyak belajar dari gambar koleksi bonsai bapak.tapi kami masih bingung tentang penggantian media pak.berapa bulan sekali pergantian mediax pak?mohon bimbingan pak.terikasih

  114. on 01 Jul 2013 at 3:04 pmBudi Sulistyo

    Saya belum punya pengalaman dengan sarimbun. Sebaiknya taruh di pot besar dulu bila belum matang. Setelah matang baru masup pot yang lbih kecil. Penggantian media tanam untuk tanaman tropis sebaiknya sekitar setahun sekali.

    Budi

  115. on 06 Jul 2013 at 2:28 amabdhy

    terima kasih atas bimbinganya pak.mohon pak budi tidak bosan kalau saya banyak bertanya.

  116. on 06 Jul 2013 at 2:35 amabdhy

    saya mau tanya tentang asam jawa pak.bagaimana cara pengambilan atau penggalian bakalan dari tanah,dan untuk bagaimana ukuran besar batang asam jawa yang baik untuk bonsai.mohon bimbingan pak..

  117. on 06 Jul 2013 at 11:03 amBudi Sulistyo

    Asam jawa kalau mengambil dari liar, umumnya dari daerah yang berkarang, sehingga akar tidak dalam. Bila di tanah subur, biasanya akar rambut tumbuh di ujung akar yang menembus dalam di tanah. Pengambiln umumnya tidak berhasil dengan selamat. Sebetulnya asam Jawa bisa dicangkok, walau batang besar. Ini jauh lebih gampang dan cepat.

  118. on 15 Jul 2013 at 4:11 pmabdhy

    oh begit ya pak.terima kasih…sya juga pernah baca di buku bonsai bapak,bahwa pembentukan bonsai perlu memperhatikan kepribadian pohon tersebut,bagaimana maksudnya pak..?mohon bimbingan pak.terima kasih

  119. on 15 Jul 2013 at 4:13 pmabdhy

    maaf pak, kalau saya boleh tanya, bapak muslim ya?maaf pak klau pertanyaan saya keluar jalur……

  120. on 15 Jul 2013 at 4:16 pmabdhy

    kalau pak budi mau coba pelihara sarimbun nanti saya carikan bakalan untuk bapak,kebetulan di daerah saya masih banyak bakalan yang bisa di ambil.

  121. on 17 Jul 2013 at 4:40 pmabdhy

    maaf pak kalau pertanyaan saya di atas tidak berkenan di hati pak budi.saya tidak ada maksud apa-apa.itu hanya supaya saya tidak salah jika kasih ucapan ke bapak pada saat momen hari besar agama saja pak.sekali lagi saya mohon maaf pak..soalnya berapa hari ini saya jadi merasa tidak tenang karena pertanyaan saya.

  122. on 19 Jul 2013 at 2:16 pmBudi Sulistyo

    Pak Abdy,

    Maaf agak lama baru jawab. Kepribadian pohon itu misal arah pergerakan akar, lekuk liku dsb.
    Terimakasih sekali kalau saya bisa dapat sarimbun. Bagaimana caranya ya?
    Saya bukan mulim pak. Tetapi saya orang yang sangat toleran dan menghormati semua agama.

    Budi

  123. on 20 Jul 2013 at 3:41 amabdhy

    oh begitu ya pak?saya pikir dalam pembentukan bonsai kita harus mengikuti bentuk asli pohonnya. he..he itu yang saya pusing pak,kalu saja bisa d jangkau dengan motor,pasti saya antar sarimbunnya langsung ke rumah pakbudi…. bagaimana caranya ya pak…? saluut pak …! kitorang samua basudara…! terima kasih pak …!

  124. on 03 Aug 2013 at 1:20 amabdhy

    salam pak..saya mau tanya berapa maksimal diameter besar batang asam jawa untuk bonsai?mohon bimbingan pak…

  125. on 03 Aug 2013 at 1:27 amabdhy

    oh iya pak,kalau bapak mau,saya ambilkan bakaln sarimbu,saya ambilkan.bapak tidak perlu beli bakalannya.saya cuma minta pak budi tidak bosan menjawab prtanyaan saya.terima kasih pak….

  126. on 06 Aug 2013 at 3:50 pmBudi Sulistyo

    Pak Abdy,

    Ya boleh pak. Kirim saja pakai pos.

    Budi

  127. on 06 Aug 2013 at 3:52 pmBudi Sulistyo

    Pak Abdy,

    Benernya jangan terlalu besar. Kalu asam kan bisa besar sekali di alam. Kalau batng terlalu besar cocoknya di taman.
    Budi

  128. on 14 Aug 2013 at 1:06 amabdhy

    salam pak…MOHON MAAF LAHIR BATIN PADA PAK BUDI DAN SEMUA PECINTA BONSAI, KALAU SAYA ADA SALAH DALAM PENULISAN KATA KATA YANG TIDAK BERKENAN DIN HATI…

  129. on 15 Aug 2013 at 8:09 amBudi Sulistyo

    Sama sama mas Abdhy. Mohon maaf atas segala kekhilafan.

  130. on 16 Aug 2013 at 8:15 amsujari

    Dengan hormat.
    Salam kenal pak Budi saya sujari tinggal daerah terpencil Bontang Kaltim saya mau belajar banyak mengenai bonsai baik karakter maupun jenisnya, di Daerah kami tidak banyak penggemar bonsai jadi kami kesulitan mau bertanya yang mau saya tanyakan apakah pot bonsai harus ceper ( memuat sedikit media ) jenis tanah sebagai media tanam kalau tidak ada tanah gunung apa bisa di di ganti dengan tanah lainnya, jenis pupuk organik & anorganik yang dianjurkan, jenis tanaman apa yang cocok di Bontang daerah pantai penyakit kutu putih sebaiknya disemprot dengan fungisida apa.
    Sujari

  131. on 20 Aug 2013 at 2:51 amBudi Sulistyo

    Pak Sujari,
    Salam kenal juga. Sebenarnya pot ceper itu hanya untuk bonsai yang sudah dalam proses hampir jadi. Kalau tanam pertama sebaiknya di pot dalam biasa, hanya di bawah tanaman diberi pecahan genteng atau slab apa agar akar cenderung ke samping dulu baru ke bawah. Kalu tak ada tanah gunung tanah sembarang juga bisa, tambahkan saja kompos yang sudah matang pada tanah biasa dan juga pasir. Banyak sekali tanaman yang cocok untuk daerah pantai seperti cemara udang, beringin, mustam dsb. Kutu putih memang paling bandel, sebaiknya selain disemprot insektisida juga disikat batangnya dengan insektisida yang dicampur sabun colek agar cairan melekat di kulit. Di media tanam juga diberi insektisida, air tembakau dan furadan.

  132. on 20 Aug 2013 at 2:52 amBudi Sulistyo

    Sama sama mohon maaf lahir batin

  133. on 21 Aug 2013 at 2:28 amsujari

    Salam sejah tera

    Pak Budi saya sangat kagum dengan hasil karya bapak,yang lebih kagum lagi atas keberanian pak Budi untuk berexperimen pembentukan bakalan menjadi bonsai, yang mau saya tanyakan adalah kalau kita mendapat bakalan (bahan dari galian alam) untuk mencari inspirasi pembentukan bonsai yang sesuai dengan kaedah bonsai apakah tergantung ketajaman naluri bonsai perindipidu atau ada pakemnya, karena saya sudah beberapa kali gagal. bahan yang menurut saya berpotensi setelah saya potong sana sini kok tambah hancur tidak ber bentuk.
    Pertanyaan saya untuk mencari inspirasi bagaimana caranya?
    Dimanakah letak kegagalan saya apa terlalu berani atau memang tidak punya naluri cara pembentukan bonsai
    Apakah pak Budi juga pernah gagal.

    Demikian atas kesediaannya membalas diucapkan banyak terima kasih.

  134. on 21 Aug 2013 at 4:41 pmBudi Sulistyo

    Pak Sujari,

    Ketajaman naluri bisa dilatih. Anda bisa lihat banyak gambar bonsai sebagai contoh atau melihat bonsai bonsai di pameran. Batang utama danperakaran menjadi acuan untuk membandingkan dengan bahan anda. Bahan bagus jangan langsung dipotong tapi renungkan dulu, kalau perlu dibuat skets masa depannya. Banyak latihan akan membuat anda makin mahir.

    Budi

  135. on 22 Aug 2013 at 3:48 amabdhy

    salam hormat pak…mohon maaf kalau janji saya sudah lama belum terlaksana…saya sudah ada hutang bakalan sarimbun sama pak budi…!JUJUR PAK…saya punya kendala di biaya pengiriman pak..maklum pak profesi saya cuman sebagai nelayan pak,tapi Insya Allah saya akan usahakan pak,tp mungkin agak lama,MAAF pak…! pertama kali saya jadi jatuh cinta sama bonsai,karena melihat gambar bonsai di kalender,dan melihat pohon pohon besar di gunung dari laut waktu saya lagi mancing…!

  136. on 10 Sep 2013 at 4:40 pmBudi Sulistyo

    Pak Abdhy,

    Berapa biaya pengiriman? Saya akan mengirimkan uangnya ke anda. Apakah anda punya rekening BCA. Terimakasih.

    Budi

  137. on 17 Sep 2013 at 7:35 amPuroku Bonsai Society

    the bonsai that you posted is very nice.. especially the sacrificial branch.. and i love also the other bonsai style
    i thought more people like this .. for the viewers you can get also information through visiting at http://pbsdumalinao.weebly.com

  138. on 17 Sep 2013 at 3:26 pmabdhy

    maaf pak. saya tidak punya no rek,tapi kalau pak budi bersedia,saya carikan rekening milik teman saya.kebetulan ada teman saya yag punya rekening BCA.untuk biaya pengiriman saya coba cari informasi dulu pak.mohon kirimkan alamatnya pak budi,dan no hpnya pak….
    INI NO HP SAYA PAK 085241147173 (ABDILLAH LASIRA)
    Berapa pohon yang saya harus ambil,dan ukuran besar dan tinggi batangnya pak.

  139. on 09 Oct 2013 at 11:16 amabdhy

    salam pak..
    maaf saya mau tanya pak,biasanya pengiriman bakalan bonsai lewat mana pak?dan bagaimana cara pengepakan biar bakalannya tidak stres / mati?
    mohon petunjuk ukuran besar dan tinggi batang yang harus saya ambil…
    tidak perlu ragu pak,nanti saya minta no rek teman saya yang kebetulan pebonsai baru.dia anggota kepolisisan dan bertugas sebagai penyidik di polsek palu selatan sulawesi tengah.

  140. on 07 Nov 2013 at 2:19 amIndra Zena II

    ^_^ hati2 transaksi via internet ^_^

    salam super saya mohon tanya pak saya newbie kira2 pohon asem butuh jangka waktu brp taun ya pak… trus bahan kimia buat kecilin daun apa namanya..?>

  141. on 10 Dec 2013 at 1:49 pmipung

    pak..saya sangat suka bonsai dari sma,tp baru sekrng saya mencoba membuat bonsai sendiri.trus Mahkota dewa dan murbei apa bisa di jadikan bonsai ? saat ini saya mengawali dengan menanam murbei dari stek. Mohon bimbingannya

  142. on 10 Dec 2013 at 1:53 pmipung

    jawabanx tolong di kirim ke email saya pak, kresnapungky@yahoo.co.id trim’s pak

  143. on 05 Jan 2014 at 7:59 pmandinug

    malam pak budi…maaf pak ini account yg punya sama ya ama yg di fb..budi sulistyo.
    bahan yg bagus prospek itu kreterianya yg gimana pak…suwun

  144. on 10 Jan 2014 at 2:51 pmBudi Sulistyo

    Ya bener pak. Bahan bagus itu ya yang punya prospek. Ini memerlukan daya khayal anda. Misal persyaratan akar, lekuk batang, kemungkinan pengecilan ke atas dan lain lain lagi.
    Budi

  145. on 28 Feb 2014 at 6:58 amSofyan

    Met siang Pak Budi,

    Saya Sofyan, pebonsai pemula, saya berlokasi di Mataram NTB, saya ingin bertanya sedikit, yakni ;
    a. Bagaimana caranya / teknik untuk memperbesar batang dari jenis tanaman semisal Jeruk Kingkit, Kawista Batu, Lada-lada, Landepan, Jempiring) ?

    b. Bagaimana caranya kita bisa membuat seni penjing sendiri, sekiranya material apa saja yang diperlukan, misalnya untuk ilustrasi areal pantai, apa perlu adanya material semen atau tidak?

    c. Apakah Bapak menjual alat-alat bonsai, seperti catok dll, dikarenakan di daerah kami agak jarang / susah untuk mencarinya?

    Demikian dari saya, salam kenal,

  146. on 02 Mar 2014 at 12:49 pmBudi Sulistyo

    Mas Sofyan,

    1. Untuk memperbesar batang ya tanam di tempat yang besar, kalau perlu tanam di tanah. Kingkit butuh lama sekali. Di tanahpun cukup lama. Kalau ditanam di tanah sekalian sambil dibentuk.

    2. Untuk buat penjing bisa pakai apa aja: batu, semen, pemotong batu, lem batu maupun karang yang ada di daerah anda. Bebas aja berinovasi/

    3.Saya gak jual. Pak Robert itu yang jual.

    Salam,
    Budi

  147. on 23 Mar 2014 at 2:19 amsutrisno

    Yth. Bpk budi
    Saya punya banyak pohon serut yang blm jadi,kiranya bisa bantu memasarkn, dan memberikn petunjuk cara bentuk bonsai serut,trimakasih…

  148. on 23 Mar 2014 at 2:39 pmBudi Sulistyo

    Wah saya gak tahu cara memasarkan pak. Saya gak dagang bonsai

Leave a Reply