Subscribe to
Posts
Comments

About Budi Sulistyo

The pioneersBudi is an Indonesian born in 1952. He started doing bonsai in 1976 when he was a student in Yogyakarta, Centarl Java. He moved to Jakarta in 1980 and joined the Indonesian Bonsai Society in 1982. The organisation that founded in 1979 was in a dormant condition and at that time  had only 7 members. The picture above was taken in 1983. Budi, second from left, standing together with the other pioneers of bonsai in Indonesia

159 Responses to “About Budi Sulistyo”

  1. on 05 Feb 2007 at 2:03 pmPeter Stutz

    Hello

    We have a new Bonsai-Portal http://www.swissbonsai.ch

    You would like to exchange links?

    Kind regards,

    Peter Stutz

    info@swissbonsai.ch
    http://www.swissbonsai.ch

    Hi Peter,

    It is great to hear from you. Exchanging links is a good idea. I will put your web in my link

    Budi

  2. on 20 Mar 2007 at 8:19 pmShaukat Islam

    Dear Budy,

    I am really happy to learn that KoB has allocated a blog for you, and I beleive all bonsai enthusiasts residing in the tropics will benefit immensely from your blog.

    Best regards,

    Shaukat
    Dhaka, Bangladesh

  3. on 25 Jun 2007 at 2:51 amhasan

    salam perkenalan pak Budi, saya mulai menyukai bonsai kira-kira 1/2 tahun ini bentuknya yang kecil tapi memiliki kesan yang sangat kuat untuk itu saya mulai mencoba mengumpulkan bahan tanaman yang bisa ditraining untuk menjadi bonsai, pertanyaan saya yang masih pemula ini sebaiknya saya mencari bahan dari nursey atau dari alam, kalo dari alam kan untuk mencari bahan yang agak baikkan susah (seperti kemarin saya dapatkan kawista krikil, tapi perakaran tidak kompak/hanya 3 yang menonjol) kalo bahan dari nursery mesti sudah mahal-mahal (masak bakalan kawista harganya hingga 3 juta) gimana ini pak Budi, terima kasih

  4. on 08 Jul 2007 at 10:12 amBudi Sulistyo

    Pak Hasan,
    Bahan alam di Indonesia rasanya sudah banyak yang dikumpulkan oleh pemburu. Rasanya sekarang lebih enak beli dari pemburu daripada cari sendiri.
    Banyak bahan yang murah dan bisa dibentuk dari kecil misalnya dg stek. Bahan kimeng cukup cepat dibuat. misalnya.
    Cemara udang dari cangkok juga cepat. Saya rasa tidak perlu memaksa dg bahan yg mahal.
    Budi

  5. on 10 Sep 2007 at 11:17 pmadhy cupit

    salam perkenalan
    saya dan teman-teman sudah mulai menukuni seni bonsai 2 tahun belakangan ini, bakalan kami banyak terutama untuk jenis santigi, karena di tempat kami daerah pulau dan pantai. kami mempunyai kelompok 40 orang, terkadang 3 kali dalam sebulan kami berburu bukan hanya jenis santigi tapi jenis yang lain juga seperti sisir, asam, jeruk kingkit, dll.
    masalah kami sekarang, kami belum terdaftar di PPBI atau wadah sejenis tolong kami didaftar sebagai anggota.
    alamat kami:
    Jln. Nusa Indah Rt 002 Rw 005 ds Dalam Kec. Alas Kabupaten Sumbawa NTB.
    081339614590

    Apakah anda berniat bikin cabang PPBI Sumbawa? Bila benar nanti saya hubungkan dengan ketua umum PPBI, Pak Sapto.

    Budi

  6. on 11 Dec 2007 at 10:16 pmEka Sugiarto

    Hi Pak Budi,
    Thanks for providing me with some information on your website. This is my first visit to your site and it is really enjoyable, the gallery and the ‘my garden’ parts really display a great work of bonsai art.
    Wishing you all the best!
    Eka

  7. on 25 Jan 2008 at 5:06 amWa

    Salam Perkenalan Pak Budi…

    Saya dari Malaysia, saya sangat meminati hobi membuat dan mengumpul bonsai . Malangnya saya hanya punya minat tetapi saya serba serbi kosong tentang ilmu membuat bonsai ini. Saya harap dapat berguru dengan Pak Budi. Terlalu banyak persoalan mengenai bonsai yang berlegar difikiran saya untuk saya usulkan kepada Pak Budi yang arif mengenai dunia bonsai ini. Semuga Pak Budi sudi membantu saya mendalami ilmu bonsai yang saya cintai ini.

    Anda harus coba untuk menanam dan berpraktek. Kalu tidak ya bakal gak bisa tanam bonsai.
    Budi

  8. on 15 Feb 2008 at 11:13 pmmahfud

    Hallo Pak Budi,

    Saya pengen nanya, bonsai yang bagus itu apa betul yang menanam dari kecil sehingga tidak ada permukaan kulit yang terkelupas? Soalnya saya sering tahu bonsai yang bonggolnya besar, keropos, tetapi terlihat bekas potongan dari pohon besar. Apakah itu juga bonsai yang bagus?

    Yang dari bahan galian juga banyak sekali yang bagus. Banyak bonsai bonsai masterpiece di Jepang berasal dari bahan galian. Kalu soal bekas luka kan ada cara cara untuk membuat nampak natural.
    Bonsai yang dari kecil juga tak bakl kalah bagusnya. Sebetulnya semua bagus,
    Budi

  9. on 07 Apr 2008 at 10:39 amJoko

    Pak budi kenal nggak pecinta dan ahli bonsai yang tinggal di Gresik, Jawa Timur ?

    Wah gak tahu mas yang dari Gresik. Kalau Surabaya atau Sidoarjo banyak.
    Budi

  10. on 29 May 2008 at 10:35 amimam akbar

    hallo pak Budi saya penghobby Bonsai sudah dari remaja ,saad ini saya tinggal di Bogor tepatnya cibatok
    di Daerah saya banyak sekali penggemar Bonsai. ,Pak budi punya tip ga buat saya ,Saya ingin mereka bersatu untuk membuat wadah/perkumpulan Bonsai yang lingkupnya lokalan dulu.yang selama ini mereka hanya sekedar hobby saja,dan tidak memperhatikankaidah2 bonsai.jika saya dan mereka bersatu
    bukan suatu hal yang mustahil, Bonsai Cibatok akan menjadi daya tarik dan bisa tampil kewadah Bonsai yang lebih luas lagi. ok Pak Budi terima kasih

    Mas Imam,
    Buat saja semacam paguyuban dan kemudian biala perlu membentuk cabang PPBI

    Budi

  11. on 24 Jun 2008 at 8:34 pmsalem

    Saya dari Kuala Lumpur, Malaysia.
    Tahniah atas kejayaan saudara.
    Saya meminati bonsai, tapi hanya suka melihat lihat milik bonsai orang lain dan juga dari foto foto bonsai.
    Maklumat saudara juga boleh dikongsi dengan orang lain.
    Terima kash.

  12. on 29 Jun 2008 at 8:32 amSafwan

    Pak Budi … Saya dari Malaysia. Bagaimana mau di order buku baru anda “Galeri Bonsai”? Boleh dapatkan nama toko buku yg boleh terima pesanan dari Malaysia (Bayaran Kredit Kad)

    Sekarang anda bisa membeli di IS NG isng18@yahoo.com Untuk yang edisi Inggris Tropical bonsai Galery

    Budi

  13. on 09 Jul 2008 at 7:44 pmteguh

    thanks mr budi for the respond . hope whoever with bonsais hoby will contact me later!

  14. on 27 Aug 2008 at 5:06 pmteguh

    pak budi boleh minta pendapat gak? saya tinggal di surabaya kebetulan saya lagi di jakarta, beberapa orang telah ke rumah saya bilang pohon2 santigi saya sangat unik katanya banyak melingkar lingkar. tapi malah saya gak ngerti bagaimana membentuknya nanti? mohon saran pak budi! dan bagaimana saya bisa bertukar pendapat diluar blog ini! ini alamat email saya teguhraharjo78@yahoo.com hp 081319444182 trims banyak pak budi

    Kalu melingkar lingkar harusnya bagus dong. Tolong kirim gambarnya ke budisulistyo@yahoo.com
    Budi

  15. on 19 Sep 2008 at 11:51 pmwisnu

    saya kenal pak budi hny dari buku, sejak buku pertama sampaiyang terakhir kemarin yang sedang rame dibicarakan orang 212 galery bonsai. Maju terus bonsai indonesia

  16. on 01 Nov 2008 at 2:48 pmArif

    mas, mau tanya ne.. knp ya bonsai “asem” yg q tanem sering mati,.. kira2 penyaebabnya ap ya?
    oy lejadiannya ky’ gini,.. setelah di tanem kira2 2 at 3 minggu akan keluar daunnya tapi setelah berdaun kira2 2 at 3 minggu lg ko’ malah tiba2 mati,.. mungkin bisa dijelasin,. oy tlg jawabannya via email di arif.gomail@gmail.com oy thnkz be 4

  17. on 21 Nov 2008 at 2:22 amsianturi

    saya punya bbrp koleksi bonsai silakan lihat di http://www.samsbonsai.co.cc/ saya tunggu coment nya

    Thx
    samsbonsai

  18. on 02 Dec 2008 at 10:05 pmLABIB

    salam pak budi, saya penggemar baru bonsai. Kalo diperbolehkan mintak dikirimi tips dan trick pembuatan bonsai.. sebelumnya terimakasih

    Tipsnya: Cintai tanaman anda dan rajin rajin belajar dari yang lebih senior.

  19. on 08 Jan 2009 at 6:15 amCharles O'Brien

    Hello Budi
    I have purchased from Stone Lantern USA your book ‘Bonsai Gallery’ which I found most interesting. Congratulation on your wonderful specimens.

    The most interesting tree which fascinated me most is ‘Pemphis Acidula’ as I am sure that this tree could be cultivated successfully in Malta. Unfortunately I was not able to purchase its seed from the suppliers worldwide.

    I would appreciate it very much if somehow you are able to help me by supplying the ‘Pemphis Acidula’ seeds against payment.

    While thanking you in advance,
    Yours sincerely,
    Charles O’Brien

  20. on 16 Jan 2009 at 11:57 amHoki Antiek

    Pak Budi, your new book is inspiring me… saya pengemar bonsai baru 3 th, banyak informasi mengenai pemupukan bawah dan atas sudah saya kantongi tetapi, dari semua itu saya rasa hasil belum maksimal. Tolak ukurnya, pada bonsai contest nasional madya di Bali, Juri bilang” perhatikan kesuburan tanaman” Minta tolong, di info pupuk atas dan bawah yang bagus, durasi pemupukan,waktu pemupukan dan kompossi pupuk.

    NB: Koleksi saya, Beberapa santigi, Hokiantea, asem Jawa. Sancang dan Kimeng.

    Saya tunggu arahan bapak di ambara@ehotelier.com

    Salam Bonsai

  21. on 21 Jan 2009 at 9:20 pmSuriadi Zhou

    Salam kenal pak Budi, saya baru belajar membonsai dalam beberapa bulan ini. dan saya ada beli buku Bapak edisi gallery dan revis untuk menambah pengetahuan ttg bonsai. tapi secara praktek masih menemukan kesulitan yagn blm dapat jawabanya, saya berharap dapat belajar dengan bapak melalaui blog ini. trims

  22. on 21 Jan 2009 at 9:24 pmSuriadi Zhou

    Pak untuk mendapatkan batang yang besar dan kokoh apakah bisa didapatkan dengan fokus pemupukan batang, langsung galian batang besar atau memang membutuhkan waktu bertahun2 untuk mendapatkan batang yang besar?? trims.
    Saya sangat senang sekali seandainya suatu saat bisa berkunjung ke taman bapak dan menyaksikan langsung Bonsai2 extreme buatan bapak.

  23. on 21 Jan 2009 at 9:28 pmSuriadi Zhou

    Saat ini saya ada 4 pot Bonsai, Hokiante, anting putri dan 2 Kawista. dan Menurut teman Hokiante saya bukan Hokiante tetapi Serut karena menurutnya keduanya hampir sama. bagaimana cara saya bisa memberikan foto Bonsai saya supaya bisa saya tunjukankpd bpk dan bisa pasti nama tanamanya???

  24. on 21 Jan 2009 at 9:31 pmSuriadi Zhou

    Baru 2 hari ini saya ada membuat batang Bougenvile dgn stek yg baru, di buku dikatakan harus ditutup dgn plastik untuk mengurangi penguapan, tetapi apakah perlu disiram dan dipupuk layaknya tanaman yang biasanya karena akarnya belum tumbuh??

  25. on 21 Jan 2009 at 9:34 pmSuriadi Zhou

    Saya membuat media baru dengan campuran Pasir 2, Tanah 2 dan Pupuk Kompos (hancuran daun/tumbuhan di beli di swalayan), apakah itu bisa menjadi media yang bagus?? berhubung saya tinggal di Batam jadi kesulitan menemukan bahan2 untuk bonsai. trims

  26. on 28 Feb 2009 at 4:09 pmponiman

    salam hormat Pak Budi, saya pengin sekali belajar bonsai melalui bukunya Pak Budi, tapi tidak punya uang karena harganya terlalu mahal. mohon kiranya saya dapt dipinjami bukunya, nanti kalau sudah saya baca, saya akan kembalikan. terimakasih atas kebaikkan Pak Budi. salam…

    Sorry pak. Anda harus membeli. Dibanding harga bonsai harga buku itu tak ada artinya.

  27. on 28 Feb 2009 at 8:41 pmtrie

    pak budi mohon kirimi saya info pameran ato perlombaaan bonsai yang ada di indonesia melalui email…yach biar gak ketinggalan.
    best regard…

    Tg 18 s/d 26 April Ini ada pameran di Prapen, Surabaya

  28. on 05 Mar 2009 at 9:52 pmpulung

    kami infokan kalau tegal jawa tengah akan mengadakan kontes bonsai regional madya bulan mei 2009 yang berminat kami bisa kirimkan proposal bisa kirim ke alamatku tegal_bonsai@yahoo.com

  29. on 23 Mar 2009 at 11:33 pmBudi Sulistyo

    Selamat pak Pulung. Kapan tanggal tepatnya dan di mana tempatnya

  30. on 06 Apr 2009 at 10:16 amferry

    Apa kabar pak Budi?
    semoga dalam keadaan sehat selalu…
    web nya bagus sekali buat pecinta bonsai
    saya jadi kepingin di ajarin bikin bonsai nich pak
    saya izin ngelink blog bapak di blog saya ya pak…
    (http://ferrysuiseki.wordpress.com/)

    all the best for you…

    ferry

    Silahkan pak.

    Budi

  31. on 23 May 2009 at 11:53 amdidi salahuddin

    Dear Pak Budi

    Saya penggemar bonsai dari Bima NTB. saya sangat mengharapkan arahannya untuk menjadi anggota PPBI dan mendirikan PPBI di daerah saya Bima NTB.
    Web bpk sangat bagus, saya izin ngelink blog bapak di blog saya ya pak…

    didi salahuddin (081353469876)

    Silahkan pak kalau mau ngelink.
    Saya benernya juga pingin ke Bima. Soal PPBI cab Bi ma, nanti saya sampaikan Ketua umum.

  32. on 27 May 2009 at 3:46 pmSuria Sahir

    Salam hormat…,

    Pak Budi, baru-baru ini saya menyukai bonsai dan saya pun banyak belajar dari web ini. Sekarang saya mempunyai bahan bonsai wareng, rukam, kaliage, serut, sancang dan perak. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara merawat wareng yang baru diburu dari lahan bebas. (kadang ada wareng yg tumbuhnya kurang subur, seperti stress)
    2. Jenis pupuk/vitamin apa saja untuk semua jenis tanaman tersebut pada saat awal pertumbuhan.

    Saran dan masukan dari bapak, sangat saya hargai.
    Terima kasih

    Suria Sahir ( Bogor – Jawa Barat )

  33. on 07 Jun 2009 at 8:48 amagus rozali

    slam sjahtera pak budi,
    msh nunggu di FB nih pak, mhon add sya ya pak

    Udah saya add pak

  34. on 15 Jun 2009 at 12:21 amniam sukri

    pak budi yg terhormat saya punya pertanyaan;

    1.pupuk organik yg bagus untuk semua jenis tanaman bonsai?
    2.di wilayah semarang yg jual kawat bonsai dmn?

    terima kasih.

    Pupuk organik umumnya bagus untuk semua bonsai.
    Saya tidak tahu toko yg jual kawat di Semarang

  35. on 26 Jun 2009 at 10:04 pmRobby

    Salam hormat,

    saya mau tanya pak budi, kenapa kalau habis pruning bonsai beringin jadi mati pohonnya apa karena dari cangkokkan jadi tidak kuat atau??….mohon penjelasannya dari bapak.terima kasih

    Beringin atau Ficus benyamina membutuhkan kesehatan yang prima kalau akan dipruning habis. Kalau tidak sehat akan banyak mati ranting, umumnya daun di ujung masih dipertahankan.

  36. on 27 Jun 2009 at 8:19 pmerfan

    salam kenal pak saya erfan (surabaya) Filosofis bonsai yg bpk tulis di buku bapak sangat mengena bagi saya, tapi bagi orang lain mungkin kurang bisa mengena, karena orang indonesia hanya suka melihat gambarnya saja. sehingga apa yg ingin bpk sampaikan dlm tulisan itu krng bisa mengena. padahal pemahan itu yg sangat dibutuhkan. unsur waktu adalah kunci dalam membuat bonsai (atau apapun yg ada di dunia ini). tetapi mereka tdk paham dan kurang sabar. ada cara yg mungkin bisa membuat permasalahan ini bisa terpecahkan tapi tidak mungkin bisa saya sampaikan disini (waktu dan tempat kurang). kapan 2 klo ada waktu kita bisa jumpa dan berbincang tentang ini. keprihatinan saya terhadap bonsai Indonesia adalah kurang pahamnya terhadap filosofis bonsai, sehingga mereka membuat terhambatnya perkembangan bonsai di Indonesia. Kapan 2 klo Bapak di Surabaya kita bisa ketemu,sekalian bapak bisa melihat koleksi saya (400 pohon) di Sby 50 di Lamongan 350, kemarin 2-11 Juni 2009 kami di Lamongan berhasil menyelenggarakan pameran bonsai yg ke2. maaf pak klo terlalu panjang. salam saya buat bapak dan keluarga semoga sehatselalu. Amin. (081332729789)

  37. on 08 Jul 2009 at 2:49 pmtrie

    salam sejahtera
    PAK budi numpang tanya nich….
    1.saya punya bahan sancang bagian atasnya bagus tapi kakinya kurang menyebar karena pahon tsb hanya punya dua akar utama sebelah kanan saja.pertanyaan saya bagaimana cara menumbuhkan akar baru disebelah kiri,depan ato belakang.
    2.saya mempunyai boxusgaya- tegak lurus- tinggi 30 cm diameter batang utamasebesar jempol kaki orang dewasa-,bagaimana penempatan pot yang sesuai dengan diameter dan tinngi pohon.
    3.apakah ada pengaruh pemberian pupuk kimia seperti npk terhadap kekuatan ranting untuk tidak mati ranting berdasar pengalaman bapak?
    trimakasih banyak…

  38. on 15 Jul 2009 at 11:03 pmboim

    salam sejahtera Pa budi..
    saya menyukai bonsai sejak sy masih duduk di bangku sekolah dasar.tp baru 6 bulan terakhir sy mulai menggelutinya.kalau boleh sy ingin sekali ngobrol atau belajar banyak dari bapak karena sy tidak punya tempat bertanya Pa…

    tanya juga boleh kok ke email saya aja budisulistyo@yahoo.com

  39. on 16 Aug 2009 at 9:21 pmHery

    pak Budi saya pecinta bonsai pemula dan suka kelas mini.
    yang akan saya tanyakan
    1. bahan apa yang paling pas untuk kelas mini.
    2. media apa yang paling cocok.(dan perbandingan bahanya)
    3. gimana cara merawatnya

    sebelumnya terimakasih.

    Pak Herry,

    Tanaman dg daun yg kecil sekali cocok untuk bonsai kecil seperti santigi, sancang, cemara dan masih banyak lagi. Kalu anda di pantai ya jenis jenis seperti santigi atau cemara udang lebih baik, sementara kalau anda di daerah dalam?daratan tanaman seperti cemara atau ulmus akan lebih baik.
    Cara merawat anda bisa baca di buku buku.
    Budi

  40. on 16 Aug 2009 at 9:29 pmErwin

    buat temen2 pecinta bonsai aku punya bakalan kawista batu usia 1bulan sampai 3tahun lokasi di Tuban jawa timur. kalau temen2 ada yang berminat bisa hubungi Erwin 085231177757 via tlp/sms

  41. on 22 Aug 2009 at 12:16 amerik

    Salam kenal buat Pa Budi dari erik asal Kuningan Jawa Barat, Mau nanya gimana cara memepercepat pertumbuhan bahan kawista krikil di daerah kami,kebetulan dataran tinggi. Salam kenal juga buat pembonsai mania.

  42. on 22 Aug 2009 at 1:57 pmNugi Nugraha

    dear semuanya, dear Mr Budi.
    Kalo gak salah bpk dulu pernah ke tasik bareng Pa Is Ya?
    Sekarang ini PPBI Tasik mulai bergiat lagi, dikembangin sampe ke tingkat RT/RW malah sering ngadain paneran tingkat RT/RW. Dan itu bukan hanya setahun sekali. kini jadwalnya aja padat.
    kapan ke tasik lagi boss? buat rekan lainnya yang sering bertanya tentang bonsai ada baiknya anda membeli bukunya Mr Budi ini.
    Jika ada hal yang kurang dipahami tentang bonsai, atau ada bahan lain yang belum anda miliki semisal kawat,pot,gunting dan yang lainnya silahkan tanya saya, di TaufanAsti@yahoo.co.id.
    Trims Bos Bud, jika event yang akan digelar di TASIKMALAYA besar, kami akan undang bapak nanti.
    Best regards….
    Nugi Nugraha

  43. on 22 Aug 2009 at 6:48 pmBudi Sulistyo

    Pak Nugi,

    Kalau ada acara di tasik tolong diberi tahu. Kalau bisa pasti datang.

    Budi

  44. on 22 Aug 2009 at 6:49 pmBudi Sulistyo

    Pak Erik,

    Asal media tanam baik, pasti cepat tumbuh. Pakai pot yg agak besar.

  45. on 24 Aug 2009 at 8:14 pmKoko Cahyo K

    Salam kenal dan salam sejahtera untuk Bapak yang saya hormati.
    Saya saat ini mempunyai 4 buah bonsai santigi yang masih bakalan, dimana bonsai santigi saya ini berasal dari daerah Ampana Sulawesi Tengah.
    Adapun bentuk bonsai saya tersebut bergaya : tegak tidak lurus, miring, dan menggantung, mohon petunjuk dari Bapak, buku apa yang dapat membantu saya dalam mengarahkan pembentukan bonsai yang saya miliki tersebut diatas, (judul buku dan penerbitnya)
    Demikian saya haturkan terima kasih Pak.

  46. on 05 Oct 2009 at 10:48 pmJoan Greenway

    That was easy Budi, your websire/blog is very easy to find and I will book mark it!

    Joan

  47. on 13 Oct 2009 at 6:06 amSURAJA

    salam kenal pak. pak saya di palu, di palu ini potensi dan bahan buat bonsai banyak terutama tanaman santigi, tetapi saya ada kesulitan buat media disini apa yang bagus buat media pohon santigi ini pak?

    Pak Hermawan,

    Santigi Palu itu unggulan lho. Jenisnya banyak yang jatu, sehingga batangnya meliuk liuk. Media tanam ya utamanya pasir, campur bubuk karang atau butiran karang juga baik. Pasir laut juga boleh.
    PPBI cabang palu juga sudah ada kan.

    Budi

  48. on 13 Oct 2009 at 6:08 amSURAJA

    satu lagi pak untuk pengurusan persatuan disini kurang pak, jadi kita disini kurang begitu bisa mengikuti perkembangan persatuan bonsai di indonesia

  49. on 14 Oct 2009 at 11:32 pmBudi Sulistyo

    Hi Joan,

    Glad that eventually you can find my blog. I will try to update it.

    Budi

  50. on 14 Oct 2009 at 11:34 pmBudi Sulistyo

    Pak Koko,

    Dari tropical bonsai gallery anda bisa dapat banyak contoh untuk pengarahan pohon anda.

    Budi

  51. on 18 Nov 2009 at 9:39 amWarih Setiawan

    dengan hormat,

    pak budi bagaimana cara mencabut serut kok sering mati ya, terus untuk menanan asem dari bibit(klungsu) bagaimana caranya soal kalau sudah tumbuh terur setinggi 20 cm. kok mati..?

    terima kasih

  52. on 18 Nov 2009 at 9:43 pmBudi Sulistyo

    Pak Warih,

    Kalu cabut serut, tanam di media tanam yang baik. Tanam dan kerudungi dengan plastik untuk menjaga kelembapan. Letakkan di tempat teduh.

    Asam umumnya kuat. kalau mati kungkin drainase anda kurang baik, sehingga busuk akar, atau pupuk terlalu banyak.

    Budi

  53. on 20 Nov 2009 at 9:16 pmheru

    Salam kenal,
    Lihat beberapa koleksi bonsai saya.Kalau ada yang minat bisa dilihat pada blog saya.Trims

  54. on 27 Nov 2009 at 1:32 pmmoh. asyiq amrulloh

    Salam kenal dengan Pak Budi,
    Sudah satu tahun saya tertarik dan mencoba bonsai.
    Tiga buku Pak Budi sudah saya miliki. Yang masih saya bingungkan adalah pengaturan arah cabang. di buku Pak Budi dijelaskan tentang itu, tetapi gambar-gambar yang ada di buku 212 Galeri Bonsai kok banyak yang arah cabangnya bebas, tidak sesuai aturan yang Pak Budi paparkan (seperti berselang-seling, tidak boleh sejajar). Itulah yang membuat saya bingung.
    Mohon saran! Terima kasih

    Moh. Asyiq Amrulloh
    (Mataram, NTB)

  55. on 28 Nov 2009 at 6:21 pmS. Edi Nugroho

    Yth. Pak Budi Sulistyo
    Saya telah membeli buku Galeri Bonsai karangan bapak. Saya ingin lebih jauh lagi mempelajari Bonsai. Beberapa sebulan yang lalu saya membeli Bonsai Santigi Makasar (bahan), boleh tahu pak pupuk yang cocok untuk Santigi agar mempercepat pertumbuhan batang/ cabang.

  56. on 29 Nov 2009 at 10:34 pmBudi Sulistyo

    Santigi media tanamnya kalau bisa semua pasir akan baik sekali. Jangan pakai tanah. Pupuk kalau yg organik pakai fish oil dan juga cairan pupuk kandang.

    Budi

  57. on 29 Nov 2009 at 10:38 pmBudi Sulistyo

    Bung Asyig,

    yang di buku petunjuk pembuatan adalah petunjuk dasar dalam pembuatan yg baik. Ini adalah dasar dasar pengetahuan pembuatan, terutama untuk methode ala Jepang. Bila anda telah menguasai ilmunya, bisa dilakukan variasi variasi. Seperti pada hal 212, secara prinsip tidak bertentangan. Coba anda lihat outline nya, tetep selang seling. Cabang cabang pun tidak saling silang.

    Budi

  58. on 04 Dec 2009 at 9:27 pmbramohas

    Salam kenal Pak Budi, sudah 3 tahun ini saya dan beberapa teman menggemari bonsai. cara-cara pemeliharaan dan lainnya saya banyak belajar dari Blog ini. sekarang saya dan teman2 sudah mengoleksi beberapa bahan bonsai seperti santigi, wahong, kapasan, serut, kaliage dll. namun kami saat ini sedang sulit dalam memasarkan koleksi kami. mungkin Pak Budi mempunyai teman yg menerima bahan bonsai. bila ada info tolong kirim ke email : mohas752000@yahoo.co.id

  59. on 26 Jan 2010 at 7:45 amrahmat

    halo pak budi salam kenal.

  60. on 07 Feb 2010 at 8:25 pmBudi Sulistyo

    Hallo, salam kenal juga pak Rahmat

  61. on 21 Feb 2010 at 2:06 pmtintus hariyanto

    salam kenal dan sejahtera. pak budi saya pemula saya punya bahan bonsai sancang, keserut, wahong, terus asam. yang paling baik bagaimana si kateria bonsai yang baik? terus kenapa kalo sancang sering sekali daunya pada rontok?

  62. on 25 Feb 2010 at 10:08 pmBudi Sulistyo

    Untuk tahu kriteria ya anda mesti banyak baca dan diskusi dg yang lebih senior selain lihat lihat bonsai yang bagus. Sancang itu rakus jadi harus sering diganti media tanam. Selain itu awas dg penyakit kutu putih yang bisa mematikan pohon.

  63. on 06 Mar 2010 at 1:38 amnugi234

    Bos Budi, kemarin kami mengadakan even pameran skala priangan timur, tapi kegiatan tersebut bukanlah kegiatan PPBI Tasikmalaya akan tetapi merupakan kemauan fihak mahasiswa yang kebetulan singgah di website saya http://www.ppbi cab Tasikmalaya.com.
    Sebentar lagi akan ada pameran skala regional di Garut Bos, tanggal 3-4 april. Demikian infonya.

  64. on 12 Mar 2010 at 9:26 amandri santoso

    pak budi, berbahagia salam kenal,saya begitu suka akan keindahan bonsai,dan saya mulai menyukainya kurang lebih 1 thn, dan melalui buku bapak saya juga banyak belajar,dan saya sangat berterima kasih untuk saran 2nya diweb bapak.

  65. on 16 Mar 2010 at 11:28 pmBudi Sulistyo

    Terimakasih atas komentarnya pak

  66. on 16 Mar 2010 at 11:31 pmBudi Sulistyo

    Di Garut di mana pak?

  67. on 16 Mar 2010 at 11:36 pmMoh. Yasin Baculu

    Salam Kenal Pak Budi, sekedar info di Sulawesi Tengah saat ini berlangsung eksploitasi santigi secara besar-besaran terutama, di daerah Kab. Tojo Una-Una (Ampana). Saya khawatair habitatnya akan punah dalam waktu yang tidak terlalu lama. Lebih disayangkan lagi bahan-bahan tersebut diamtarpulaukan dalam jumlah besar (kontainer) mohon adanya aproteksi sevara nasional oleh PPBI Pusat bekerjasama dengan instansi terkait. Trims.
    Moh. yasin baculu (Sekretaris PPBI Palu)

  68. on 16 Mar 2010 at 11:38 pmMoh. Yasin Baculu

    Salam Kenal Pak Budi, sekedar info di Sulawesi Tengah saat ini berlangsung eksploitasi santigi secara besar-besaran terutama, di daerah Kab. Tojo Una-Una (Ampana). Saya khawatair habitatnya akan punah dalam waktu yang tidak terlalu lama. Lebih disayangkan lagi bahan-bahan tersebut diantarpulaukan dalam jumlah besar (kontainer) mohon adanya proteksi secara nasional oleh PPBI Pusat bekerjasama dengan instansi terkait. Trims.
    Moh. yasin baculu (Sekretaris PPBI Palu)

  69. on 19 Mar 2010 at 8:26 amnugi234

    Untuk Pameran di Garut Tanggal 3-4 April Boss, Saya juga mau luangin waktu buat mampir ke pameran dengan Boss saya.
    He,,he,,dulunya boss saya itu ngejekin saya tentang bonsai. Sekarang malah dia yang gila bonsai, kemanapun kita jalan pasti dia nyari bakalan bonsai.
    Datang ke Garut ya Boss. Saya pengen ketemu, dan pastikan tanggal serta jam berangkat Boss darai Jakarta. Ok, sampai ketemu di Garut Boss.
    Regards
    Nugi – PPBI Cab.Tasikmalaya.

  70. on 19 Mar 2010 at 8:43 amnugi234

    Oya Lupa nih Boss, Tempatnya di Alun Alun Kecamatan Wanaraja-Garut. Kalau dari jakarta – Setelah Nagrek ambil jalan menuju ke garut – Di Daerah Tarogong (setelah tempat wisata cipanas) belok ke kiri mengikuti arah jalan lingkar garut (nanti ada petunjuk jalan) Setelah melewati Pos polisi Kab Garut, ada bunderan lalu belok kiri. Selanjutnya lurus terus, langsung wanaraja bos.

  71. on 20 Apr 2010 at 11:34 pmristo

    salam kenal, pak budi..saya pebonsai dari papua barat(manokwari). kebetulan kalau mencari bakalan saya biasa ke makassar, tapi sayangnya di makassar blum ada asosiasi PPBI. yang saya ingin tanyakan. bagaimana cara dan syarat untuk membuka cabang PPBI di makassar? terimakasih sebelumnya soalnya para penggemar bonsai di makassar sering mengeluh, tidak ada wadah untuk berkomunikasi dengan para penggemar bonsai di makassar.

  72. on 20 Apr 2010 at 11:35 pmristo

    salam kenal, pak budi..saya pebonsai dari papua barat(manokwari). kebetulan kalau mencari bakalan saya biasa ke makassar, tapi sayangnya di makassar blum ada asosiasi PPBI. yang saya ingin tanyakan. bagaimana cara dan syarat untuk membuka cabang PPBI di makassar? terimakasih sebelumnya soalnya para penggemar bonsai di makassar sering mengeluh, tidak ada wadah untuk berkomunikasi dengan para penggemar bonsai di makassar. no hp (085234151112) / (081248051182) a/n risto john mala.

  73. on 21 Apr 2010 at 7:00 pmtatonk

    jual cpt 105 bahan 1/2 kawista krikil bth cpt

  74. on 27 Apr 2010 at 9:58 amAceng Rouf. S.Kom

    sALAM KENAL..

    Pa budi saya seorang yang “begitu Happy” dengan seni Bosai..Pengalaman pertama saya berburu bonsai sudah saya lakoni ketika masa lajang dahulu,…
    selepas nikah (1996) kegiatan ini sempat terhenti,….namun kini (2010) bangkit kembali, dan mulai kembali menggeluti Seni yang melatih Kesabaran ini…
    Profesi utama saya PNS di Pemda Kota Tangerang
    tempat tinggal di pamulang Kota Tangerang selatan.
    Saya ingin mengeluti lebih dalam tentang seluk-beluk bonsai, sehingga sangat berminat bergabung dalam PPBI , untuk itu mohon informasi untuk keanggotaan PPBI.
    terima kasih untuk perkenalan dan informasinya…

  75. on 28 Apr 2010 at 10:00 pmBudi Sulistyo

    Untuk daerah Tangerang harap menghubungi pak Wijaya 08161880126

  76. on 28 Apr 2010 at 10:15 pmBudi Sulistyo

    Pak Risto,

    Anda bisa menghubungi seketaris PPBI Pusat pak Jongky di 081661162006 untuk merunding cara pembukaan cabang

  77. on 10 May 2010 at 3:18 amJalaluddin Rumi Prasad

    saya pebonsai domisili makassar… tolong diinfokan juga perkembangan pembukaan cabang makassar…
    regard’s
    rumi (081355053348)

  78. on 11 May 2010 at 11:29 amsihar simatupang

    kalau pohon kapuk dan kersen, bagus buat bonsai atau tidak, pak budi?

  79. on 19 May 2010 at 9:12 pmBudi Sulistyo

    Kapuk dan kersen tidak bisa dibuat bonsai. Kapuk daun terlalu besar, kersen membutuhkan media tanam yang banyak dan juga tidak berumur panjang.

  80. on 02 Jun 2010 at 8:17 amsihar simatupang

    kalau kapuk dibuat bonsai agak besar, asalkan proporsional berarti bisa ya… karakter daun besar juga ada pada jambu kancing. bagaimana ketapang kencana, putsa dan pete cina? soal kersen, benar pak, tak berumur panjang karena cabang ranting sering mati atau karena di pot?maaf terlalu banyak bertanya, karena saya sedang menanam semua tanaman ini selain kawista, sancang, mirten, dewandaru, delima, hokiantea.terimakasih, pak budi. salam hormat… buat kawan pencinta bonsai, kalau ada pameran di bogor atau jakarta, email saya di blackpoems@yahoo.com ya. thanks

    Budi said: Okay

  81. on 06 Jul 2010 at 1:02 pmharis

    om kalau bonsai saya anting putri batangnya kecil
    bagai mana cara membesarkan batang nya?

  82. on 06 Jul 2010 at 1:05 pmharis

    dan di tempat saya jarang ada pohon yang namanya santigi, saya sudah mencari di setiap daerah di tempat saya yaitu binjai,tidak ada nama pohon yang namanya santigi……
    kalau nama umumnya apa ya om…?

  83. on 08 Jul 2010 at 10:23 pmBudi Sulistyo

    Haris,
    Nama umum ya santigi. Di binjai ya tak ada. Anda mesti pergi ke tepi pantai.
    Kalu anting putri batang kecil, ya tanam dulu di pot besar, bahkan kalau perlu di tanah.

    Budi

  84. on 19 Aug 2010 at 3:25 ampapapiyu

    Salam Kenal Suhu Budi…
    Saya Pebonsai Pemula Tinggal di Bogor, Gimana Cara yg aman mindahin Pohon Cemara setelah kita Tanam di tanah,,Takut gagal suhu karena sudah lama banget ngrawatnya…Terima kasih sebelumnya

  85. on 02 Sep 2010 at 4:25 pmSimon Cairns

    just got back from a holiday in Cairns Australia and can’t get back into work today so I’m just wasting time here on your blog

  86. on 08 Sep 2010 at 11:53 amBudi Sulistyo

    Pak Piyu,

    Cemara apa yang akan anda pindah? Cemara udang, Pinus atau Pua pua?

  87. on 16 Sep 2010 at 12:50 amsihar

    kemarin setelah beli cemara udang, saya repoting lalu saya bungkus dedaunnya dengan plastik, dua hari setelahnya daun yang dibungkus jadi kecoklatan, terpaksa plastik saya lepas. beberapa daun coklat saya putus/cabut dengan tangan. masih ada sisa hijaunya. bisa hidupkah pak budi? media porous, pasir-sekam-pupuk kandang. daun terbakar ya pak?

  88. on 23 Sep 2010 at 11:38 pmBudi Sulistyo

    Kalau dibungkus plastik baiknya di tempat teduh. Ini dauk kebakar. Kalu kebakarnya banyak ya bisa mati

  89. on 26 Sep 2010 at 1:22 pmNur Kosim

    mau jual bakalan bonsai sancang ASLI KEROPOS tinggal seperempat. dan bakalan santigi ASLI di karang. 0341 – 7780098

  90. on 18 Oct 2010 at 11:47 pmandri

    salam kenal pak Budi, saya mau tanya gimana yah buat akar yg bagus untuk cemara udang, karena rata2 akarnya serabut.? thanks yah…pak Budi..

  91. on 25 Dec 2010 at 1:22 pmramki

    iam much impressed…

  92. on 06 Jan 2011 at 6:44 amdavid

    salam kenal pk budi,saya dari riau baru dlm hobi bonsai dan saya mau minta bantuan dg pk budi utk sarannya karena saya punya bakalan sentigi berumpun tapi tingginya kira2 satu jengkal,saya bingung mau membentuknya gimana.?

    Pak David,
    Santigi kan daunnya kecil, jadi cocok untuk dibentuk jadi bonsai kecil. Sejengkalpun gak papa. Anda bisa kirimkan gambarnya ke email saya budisulistyo@yahoo.com

    Budi

  93. on 11 Jan 2011 at 6:19 amIwan

    Santigi media tanamnya kalau bisa semua pasir akan baik sekali. Jangan pakai tanah. Pupuk kalau yg organik pakai fish oil dan juga cairan pupuk kandang.

    Budi
    dimana pak bisa dapatkan pupuk ini,saya di kelapa gading jakarta utara

  94. on 11 Jan 2011 at 8:35 amiwan

    Selamat sore pa budi, saya baru mendapatkan sentigi baru dari dongkelan, mohon infonya untuk perawatannya agar bisa hidup, dan saya mau tanya
    Pupuk organik pakai fish oil dan juga cairan pupuk kandang dimana saya bisa dapatkan pa, saya tinggal di kelapa gading

    terima kasih

    Pak Iwan,

    Kalau baru dapat turuh di ademan dahulu biar semua tumbuh.
    Fish oil ada kan pak di toko tanaman. Ace hardware juga ada kalau tak salah. Pupuk kandang cair mesti bikin sendiri dg merendam kotoran kambing atau sapi.

    Budi

  95. on 14 Jan 2011 at 9:58 amiwan

    Pa budi saya pernah liat buku Estetika bonsai karangan pa budy tapi sudah tidak ada stock di tiap toko buku, adakah pa budy masih menyimpan buku ini, maklum pa saya masih belajar..terima kasih

    Pa Iwan,

    Saya masih ada stok di rumah. Silahkan kalau mau gantiin. email aja saya di budisulistyo@yahoo.com

    Budi

  96. on 31 Jan 2011 at 1:52 pmdede

    salam kenal pak budi,saya pernah baca di buku Galery Bonsai karangan Pak Budi,apa benar bonsai Kaliage adalah bonsai langka?karena saya mempunyai beberapa bahan bonsai Kaliage. maaf pak,bolehkah saya berkunjung ke rumah bapak?dimana pak?terima kasih bayak pak

  97. on 01 Feb 2011 at 1:28 pmBudi Sulistyo

    Pak Dede,

    Saya berada di Jakarta. Kaliage benernya tidak benar benar langka. Masih banyak juga di pelbagai daerah. Kalau mau ke rumah kontak saya dulu di 0811861046

    Budi

  98. on 22 Feb 2011 at 11:49 amretno ruslan

    Dear Mas Budi..
    Makasih atas kiriman bukunya,materinya luar biasa mas.aku mau nanya gimana caranya memperbesar batang bonsai kimeng supaya kesannya mencerminkan sebuah pohon yang sudah tua..thanks

  99. on 22 Feb 2011 at 4:07 pmBudi Sulistyo

    Batang kimeng bisa diperbesar dg menanamnya di pot yang besar sehingga pertumbuhan cepat. Cara kedua adalah menggabungkan beberapa batang kimeng kecil menjadi sati dan diikat erat. Mereka akan menyatu menjadi satu

  100. on 20 Apr 2011 at 2:28 ammar.yamto

    pak budi saya sangat kagum bonsai asem yang bisa buah tolong dong kasih trik trik nya

  101. on 22 Apr 2011 at 3:27 pmBudi Sulistyo

    Untuk membuahkan asam diperlukan asam yang sudah cukup tua bila berasal dari biji. Tetapi bila dari cangkok bisa cepat berbuah. Untuk membuahkan asam tersebut sebaiknya tumbuh di media tanam yang baik dan sudah cukup lama sehingga akar memenuhi pot. Jangan lakukan repotting kalau mau menikmati buah. Beri pupuk dengan P tinggi, biarkan dalam suasana yang kurang penyiramn selama beberapa hari’Dalam suasana itu bunga akan tumbuh setelah daun daun rontok. Usahkan bunga jangan tersirami selama penyerbukan. Selamat mencoba

  102. on 25 Apr 2011 at 3:26 pmEko

    pak budi, saya baru buat blog untuk komunitas bonsai disalah satu daerah di Riau. untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi tentang bonsai, boleh ga saya input blog bapak saya masukan kedalam blog saya ( Komunitas Bonsai Dumai )? mohon izin nya pak?

  103. on 25 Apr 2011 at 3:44 pmBudi Sulistyo

    Silahkan pak. Semoga komunitas bonsai Dumai jaya

  104. on 26 Apr 2011 at 4:40 amEko

    Trimakasih pak. sukses selalu pak.

  105. on 21 Aug 2011 at 9:28 pmLusfiani

    Salam kenal pak budi….Saya mempunyai beberapa macam koleksi bonsai!, cendrawasih,anting putri,serit (kaliage),serut,wareng dll. Ingin menambah pengalaman dan impormasi tentang keindahan bonsai,sy dari tangerang selatan,bagai mana perkembangan bonsai saat ini,dan saya ingin bergabung dengan pebonsai yang ada di kota saya. Terimakasih pak Budi ?…..semoga pebonsai kita tetap hijau……

  106. on 21 Aug 2011 at 9:30 pmLusfiani

    Salam kenal pak budi….Saya mempunyai beberapa macam koleksi bonsai!, cendrawasih,anting putri,serit (kaliage),serut,wareng dll. Ingin menambah pengalaman dan impormasi tentang keindahan bonsai,sy dari tangerang selatan,bagai mana perkembangan bonsai saat ini,dan saya ingin bergabung dengan pebonsai yang ada di kota saya. Terimakasih pak Budi ?…..semoga pebonsai kita tetap hijau…..

  107. on 02 Sep 2011 at 9:30 amsihar simatupang

    pak budi, salam hormat. pak, bagaimana ukuran yang proporsional antara batu karang dengan pohonnya untuk gaya “bonsai di atas batu”? terus, selain karang, mungkinkah mencari batu jenis lain seperti batu granit atau koral? terimakasih…

  108. on 07 Sep 2011 at 1:27 amBudi Sulistyo

    Pak Sihar,

    Banyak variasi untuk di atas batu.. Kalau penonjolan bonsainya, batunya tak boleh terlalu besat, tapi kalau gaya saikei atau penjing ya bisa saja batunya besar. Bahkan kalau gaya bokei atau rock penjing batunya gede sekali bonsainya kecil hecil. Kalu konsisiten menonjolkan bonsai ya batunya itu pelengkap bonsai, misal menjadi seolah batang bonsai tersebut atau dipeluk oleh si pohon.

    Budi

  109. on 07 Sep 2011 at 4:13 pmBudi Sulistyo

    Salam kenal juga. Memang Tangerang belum ada organisator yang memimpin PPBI Cabang Tangerang. Kami akan mengusahakan agar Tangerang bisa lebih aktif.

  110. on 11 Sep 2011 at 11:40 amagus

    pak budi, bagaimana caranya agar pohon asam yang saya ambil di alam cepat tumbuh?biasanya saya ambil pohon asam yang batangnya besar, tapi kok biasanya mati..tolong pak budi infonya.terima kasih

  111. on 21 Sep 2011 at 2:50 pmBudi Sulistyo

    Pak Agus,

    Asam itu biasanya akar rambut jauh di ujung akar yang besar. Jadi bila anda gali umumnya akan mati. Sebenarnya bisa dilakukan pencangkokan pada akar besar tadi sehingga akar rambut tumbuh. Setelah itu baru asam besar dipindahkan dari tanah tempat dia tumbuh.

  112. on 22 Sep 2011 at 11:49 pmagus

    terima kasih pak budi atas infonya,,oya pak budi,,saya kok selalu gagal dalam menanam serut di pot..di dekat rumah saya ada serut besar, mau saya gali dan jadikan bonsai…bagaimana seharusnya serut itu saya gali..? media tanamnya kemudian apa? perlu di rendam dulu tidak?serut bisa di cangkok tidak?terima kasih pak budi

  113. on 22 Sep 2011 at 11:55 pmagus

    oya pak di pinggir jalan banyak tumbuh cemara dan besar2,,kira2 cabangnya dapat di cangkok tidak?

  114. on 23 Sep 2011 at 12:06 amBudi Sulistyo

    Bisa pak. Gampang kok.

  115. on 28 Sep 2011 at 5:55 amagus

    terima kasih pa budi atas jawabannya..pa budi, tanaman bakau sangat indah batang daun dan akarnya,,apakah bisa di tanam di pot untuk di jadikan bonsai?medianya apa saja?
    maaf pa budi karena sering bertanya…

  116. on 29 Sep 2011 at 3:09 amBudi Sulistyo

    Bakau gak umum dibonsai pak

  117. on 19 Oct 2011 at 6:44 amWiwiek

    Salam pak Budy,

    Saya sangat tertarik dengan Bonsai, dan saya juga sering membuatnya. Tapi sampai dengan saat ini saya belum bisa mendapatkan Bonsai yang memuaskan. Yang ingin saya tanyakan :
    1) Dimana saya bisa membeli bakalan Bonsai yang menurut pak Budi bagus;
    2) Pupuk apa yang bagus untuk Bonsai;
    3) Media tanam apa yang paling cocok;
    4) Terimakasih atas infonya

    Wiwiek sN

  118. on 19 Oct 2011 at 4:37 pmBudi Sulistyo

    Mbak Wiwiek,

    Anda tinggal di mana? Kalau Jakarta misalnya anda bisa beli bonsai di Pluit. Kalau kota lain ya tergantung di mana.
    Pupuk sebaiknya memakai pupuk organik. Pupuk kemasan seperti Dekastar juga boleh dipakai.
    Media tanam juga tergantung jenis tanaman. Umumnya campuran pasir, humus dan juga top soil. Tapi tergantung komposisinya yang berbeda untuk tanaman tertentu.
    Nasihat saya coba saja tanam sesuatupohon yang bisa dibuat bonsai dan anda boleh membentuk sambil menikmati pertumbuhannya. Semoga berhasil.
    Budi

  119. on 21 Nov 2011 at 12:27 amagus

    pak nanya lagi, bisa tidak pohon serut di stek?tolong di jawab ya pak..terima kasih

  120. on 21 Nov 2011 at 1:41 amagus

    pak bisa tidak serut di stek dan di cangkok?mana yang lebih baik di stek atau di cangkok?

  121. on 01 Dec 2011 at 4:53 amBudi Sulistyo

    Serut bisa aja di stek dan cangkok walau agak lama.

  122. on 02 Dec 2011 at 6:46 ampapapiyu

    setahun telah berlalu,,,maaf pak Budi..bagaimana cara memindahkan cemara ( jenisnya orang biasanya nyebutnya cemara buaya ) Supaya Aman..skr Sudah gagal 2 pohon tinggal 3 masih dh halaman, suhu…padahal rencana pengen bikin bonsai cemara yg berkelompok dlm satu pot,,maaf suhu baru nyambung lagi…..thanks

  123. on 02 Dec 2011 at 8:03 ampapapiyu

    nyambung lagi,,…jenisnya cemara pua pua pak budi…matur nuwun…

  124. on 03 Dec 2011 at 2:07 amsantoso

    PAK…saya peminat bonsai santigi dari kecamatan kembangbahu lamongan.di rumah ada 6 buah santigi asal sumbawa.tp saya tdk bisa merawat’y d karenakan tugas d lombok.yang saya mau tanyakan ada gak yg bisa cloning d daerah lamongan.klo ada tolong ks tau alamat dan nomor yg bs d hubungi.sebelum’y saya berterimakasih,dan salam kenal buat bapak

  125. on 04 Dec 2011 at 3:49 pmBudi Sulistyo

    Ada dua cara Pak Papapiyu, Pertama dengan menggali dengan diameter yang cukup besar sekitar pohon cemara. Jangan sampai tanah terurai, sehingga akar tetap rekat dengaan tanah. Kemudian bungkus dengan karung yang berlubang lubang, taruh di tempat yang teduh. Sebagian besar daun harus dikurangi, tetapi tak boleh habis.
    Yang kedua adalah dengan menggali bagian kanan misalnya, potong akar akar besar, kemudian tutup lagi dengan tanah. Tiga bulan berikut, gantian bagian kiri yang digali. Daun juga harus dikurangi. Tutup lagi dengan tanah dan tiga bulan lagi baru digali semua.

  126. on 04 Dec 2011 at 3:50 pmBudi Sulistyo

    Maaf pak Santoso, saya tak ada kenalandi Lamongan.

  127. on 09 Dec 2011 at 7:43 amHardianto

    S’lam kenal Pak Budi….sy tinggal di Cirebon…baru dua bulan jatuh hati ke bonsai. Pertanyaan sy:

    1. Dimana sy bisa dapatkan buku bonsai karangan Bapak.
    2. Sy dapat tanaman berduri mirip sisir, tapi batang dan dahannya berwarna kuning keemasan. Kata pemburu namanya kijang mas….apakah masuk spesies bonsai Indonesia. Terima kasih

  128. on 09 Dec 2011 at 5:29 pmpapapiyu

    Terima Kasih Banyak Pak Budi,..Terima Kasih Ilmunya…Ada Rencana Buat Pameran koleksi pribadi pak Budi..?.biar bisa Lebih Dekat Lihat Koleksi Bonsai Pak Budi yg Mantabz….Matur Nuwun

  129. on 13 Dec 2011 at 4:39 pmBudi Sulistyo

    Pak Hardianto,

    1. Buku karangan saya bisa dibeli di tempat saya. Galeri bonsai 95 ribu, Bonsai dari Kanisius 85 ribu. Estetika bonsai 40 ribu, plus ongkos kirim sekitar 10 sd 15 ribu untuk semua.
    2. Menarik sekali tanaman yang bapak peroleh. Saya belum pernah lihat tanaman tersebut. Bagus bisa memperkaya tanaman lokal.

  130. on 13 Dec 2011 at 4:40 pmBudi Sulistyo

    Wah belum ada rencana pameran pribadi pak. Mungkin suatu waktu.

  131. on 28 Dec 2011 at 8:07 amrobbi taftazani

    Dear Pa Budi,
    Salam kenal pak
    saua mo tanya, kalo mo cari pot bonsai baik di Jakarta dimana ya Pa Budi.. Atau toko yg menjaul segala peralatan bonsai juga boleh.. Trim Infonya Pa Budi

    Salam Kenal,
    Robbi

  132. on 05 Jan 2012 at 9:06 pmpapapiyu

    Selamat tahun baru pak Budi…Smoga tetep Sehat dan sehat.
    mau nanya Pak…

    - Apa Media yg Cocok Buat Pohon Asem (Asem Jawa & Londho)?
    - Bagaimana Cara Buat Memperbesar Dahan ..Biar Cepet Balance

    Terima Kasih Pak Budi..

  133. on 09 Jan 2012 at 4:11 pmBudi Sulistyo

    Asam Jawa dan asam londo umumnya menghendaki media tanam yang tercampur dg pasir, tanah gunung dan humus. Memperbesar cabang bisa dilakukan dengan membiarkan cabang tersebut tumbuh panjang tanpa dipotong dulu.

  134. on 21 Jan 2012 at 12:07 amalisa

    pak budi saya mau menanyakan bagaimana cara menjual bonsai stigi yang bagus? terrima kasih
    alisa (082120764427)

  135. on 29 Jan 2012 at 3:31 pmBudi Sulistyo

    Pak Alisa,

    Bisa lewat facebook atau dalam pameran pak

  136. on 17 Feb 2012 at 7:39 ampapapiyu

    pak budi..akhirnya saya mendapat ijin dari ibu saya untuk mendongkel pohon kemuning yg beliau tanam waktu muda dulu untuk di bonsaikan..dulunya pohon ini memang di tanam didalam pot..
    - bagaimana cara yg aman untuk mendongkel pohon kemuning, tanah di seputaran akar di ikut sertakan atau tidak?
    - apa media yg cocok ?
    - Terima Kasih Pak budi.

  137. on 04 Mar 2012 at 11:19 amBudi Sulistyo

    Ya syukur bisa dibuat bonsai

  138. on 13 Aug 2012 at 10:46 amalit satura

    pak budi, saya mau tanya, bagaimana cara menumbuhkan daun dari tanaman santigi? masalahnya begini, dulu tanaman santigi itu tumbuh subur di pot, lalu lama lam gak keurus akhirnya tanaman itu rontok daunnya, terus lama lama tanaman itu tidak tumbuh daun lagi, saya berpikir , apakah tanaman santigi yang sudah lama tidak berdaun itu bisa kembali hidup tumbuh daun? terus langkah apa yang saya harus perbuat agar tanaman itu kembali hidup? Terima kasih.

  139. on 14 Aug 2012 at 3:55 amBudi Sulistyo

    Pak Alit,

    Semoga saja santigi anda belum mati. Kalau masih hidup siramlah dengan larutan garam seminggu dua kali. Setelah mulai tumbuh beri juga pupuk daun seminggu sekali dan kemudian tempatkan di bawah matahari

  140. on 19 Sep 2012 at 4:38 amridar

    selamat siang pak Budi, saya punya bakalan untuk di lempar ke pasar tapi saya tdk dapat pasarnya pak, apa saya bisa di bantu? dll. no. 081241477809

  141. on 20 Sep 2012 at 4:44 pmBudi Sulistyo

    Bang Ridar,

    Kalau ada pameran lempar aja di situ. Orang orang Sumenep itu jual murah sehingga laris manis.

    Budi

  142. on 08 Nov 2012 at 4:39 amAw Subang

    Salam pa Budi…saya masih punya masalah dengan hama putih…sampai menyerang daleum kulit…saya coba di semprot anti hama…tapi msih tetap saja…tlong anti hama apa yg manjur tanpa membunuh bonsai nya…terima kasih

  143. on 14 Nov 2012 at 4:33 pmBudi Sulistyo

    Pak Aw,

    Untuk membasmi kutu putih, sikat dulu batang, cabang dengan cairan detergen yang sudah ditetesi insektisida seperti Drosban. Setelah dibilas semprot seluruhnya dengan insektisida. akar juga harus disiran insektisida.

  144. on 22 Dec 2012 at 4:37 amHaryanto

    Salam Pak Budi

    Maaf pak Budi, saya ingin belajar dari Bapak tentang cara memperbanyak santigi sistem cangkok.. karena yang kita ketahui bersama untuk mencari santigi di alam dapat mengurangi populasi santigi itu sendiri. juga saat kita ingin mengolah bahan santigi amat disayangkan kl kita hanya memotong cabang yg tidak kita gunakan kemudian di buang, padahal alangkah baiknya sebelum batang tersebut dipotong kita cangkok terlebih dulu. kira2 cara mencangkoknya sama atau tidak pak dengan jenis pohon lainnya? serta media yg digunakan apa pak agar akar cangkokannya dapat tumbuh? terimakasih..

  145. on 18 Jan 2013 at 12:25 pmbambang pbm

    sya slah satu pngagum bonsai pak Budi,,slm knal pak budi smoga seni BONSAI smakin maju N berkmbang d smua kalangan masyarakat.(anggota ppbi cab.Madiun).

  146. on 23 Jan 2013 at 2:49 pmBudi Sulistyo

    Saya rasa sama saja cara mencangkok santigi. Tapi pakai bahan pasir yang dibalut dengan kain atau sabut, jangan dengan tanah atau moss.
    Budi

  147. on 02 Feb 2013 at 1:28 amagus

    pak budi, bagaimana mengatasi mati ranting pada santigi?terima kasih..

  148. on 24 Mar 2013 at 7:12 pmAde fahrer

    Salam kenal Pak Budi
    Saya baru menyukai bonsai 3bulan terakhir.
    Domisili saya ditaluk Kuantan-Riau.
    Mohon infonya seputar bonsai Pak, sekarang saya sedang mengumpulkan bonggol yang jadi bakalan bonsai.

  149. on 02 Apr 2013 at 3:10 amdadi

    Salam kenal pa budi,mau tanya kalo di wilayah bandung timur ada cabang ppbi saya mau daftar jadi anggota.barang kali tau ada orang yg bisa d hubungi,mksh.dadi.

  150. on 09 Apr 2013 at 2:55 pmBudi Sulistyo

    Pak Dadi,

    Coba hubungi Pak Darius ketua PPBI Bandung di darius@toserbayogya.com atau ke HP 08156255789, 081322212345

  151. on 09 Apr 2013 at 3:15 pmBudi Sulistyo

    Pak Ade,

    sekarang sudah banyak buku buku maupun media untuk belajar bonsai. Selain itu rajin rajin kunjungi pameran dan lihat bcontoh contoh bonsai.

  152. on 11 Apr 2013 at 1:32 amdadi

    Trimksh pa Budi,atas infonya.sukses trus.

  153. on 11 Apr 2013 at 8:58 amdadi

    Pa Budi,klo buxus bagusnya atw cocoknya gaya apa,?dan rantingnya atw
    Daunya sering mati juga daunya suburnya ga rata.mksh.

  154. on 14 Apr 2013 at 12:21 pmBudi Sulistyo

    Buxus itu rakus. Jadi mesti sering ganti media tanam dan kasi pupuk.

  155. on 15 Apr 2013 at 2:03 amdadi

    O ya mnyambng prtanyaan tntang pndftan ppbi d bdng tmr,sy cb hbngi pa darius ko g ad blsn sm skli,atw mngkn g pntng x ya,klo pndpt sy yg msh bljar bhwa bnsai itu seni yg ta akn hlang,hrusnya bs merespn positif jk ad yg mau jd anggota.jngn mliat gnder atw golongan.sy salut am pa budi yg msh mau mnjwb pertnyaan2,mngkn klo pa budi posisinya ad d wlayah sy akan bnyak lagi pemula yg mau brgabung,d sni bnyak tmn sesama pmula yg igin gbung biar krya merwka stidknya ad pngakuan dri para senior.mksh bnyak pa budi.mungkn cm d sni sy ungkpkan unek2 krna dsinilah tmpatnya yg cocok,mdh2an peedbacknya bsa poaitip,slm buat smuanya.wsalam.

  156. on 20 Aug 2013 at 9:26 pmRobert Macnair

    Hi,

    I am trying to find a nursery in Korea that I was having corresponance (by fax in those days!1990) as a supplier of Korean Hornbeam bonsai. I moved to a different country and lost his contact information. He was growing Pinus, Acer and good Hornbeam group plantings, could it be Sun You nursery? I have emailed but it bounced back as not recognised, are there any good nurseries you can suggest for export to United Arab Emirates, I have been here 7 years and acers have adapted, my Chinese pot supplier has suggested some nurseries but everything offered is Ficus (Ginseng always), we have a good client base here but I need some good trees to stock, any help from you would be much appreciated.

    Kind regards

    Robert

  157. on 21 Aug 2013 at 4:44 pmBudi Sulistyo

    Hi Robert,

    I only know Mr. Kim Sae Won or sunyoubonsai@hotmail.com Please try to contact him.

    Budi

  158. on 09 Apr 2014 at 12:55 pmMaryoto Sumadi

    Salam kenal pak Budi,

    Saya penggemar bonsai, dan akhir-akhir ini saya membeli di Cipanas. terus terang untuk perawatan misalnya menggunting sampai saat ini masih takut takut. disamping itu kesibukan saya di kantor tidak punya waktu banyak untuk merawat bonsai. yang ingin saya tanyakan dimana saya bisa menghubungi seseorang yang bisa merawat bonsai-bonsai saya dan Apa boleh saya mendapatkan alamt nursery pak Budi.

    Terima kasih pak Budi
    Maryoto Sumadi

  159. on 15 Apr 2014 at 1:22 pmBudi Sulistyo

    Pak Maryoto,

    Anda bisa bergabung dengan PPBI atau Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia di kota anda tinggal. Anda bisa hubungi saya di budisulistyo22@gmail.com

Leave a Reply